Pemerintah Segera Antisipasi Ruas Jalan di Desa Lembeng

Kepala Dinas PUPR Barsel, Ita Minarni

BALANGANEWS, – Terkait alam banjir yang telah sekian waktu melanda hampir di semua wilayah yang ada di Kabupaten , tidak terkecuali banjir menenggelamkan sejumlah ruas jalan poros, salah satu jalan Provinsi yang menghubungkan Buntok-Palangkaraya tepatnya di wilayah Kecamatan Dusun Selatan yang dalam beberapa waktu terakhir hampir tidak bisa dilalui lantaran air bah yang terbilang besar hingga mencapai lebih dari satu meter.

Terkait hal tersebut,pihak Balai wilayah 3 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama segera turun dan menangani langsung agar, segala sesuatunya bisa teratasi sehingga aktivitas berlalu lintas bagi masyarakat bisa berjalan.

Kepala Dinas , Ita Minarni, didampingi Kabid PUPR Armadi, menjelaskan kepada Wartawan, bahwa pihak Kementerian PUPR yang menangani wilayah DAS Barito termasuk dengan perihal yang terjadi saat ini.

“Barito Selatan sendiri mendapatkan bantuan berupa perahu karet dan pompa air serta Sanbeg serta beberapa alat untuk penanganan banjir dari pihak balai,” katanya, Jum’at (26/1/2024).

Masih dikatakan Ita Minarni, selain itu disampaikannya juga, adapun untuk metode penanganan pada ruas jalan yang ada di Desa Lembeng itu, diantaranya penanganan penggunaan bahan sejenis karung geotek yang berisikan penuh pasir.

“Karung-karung pasir itu ditempatkan pada bagian sisi jalan yang mendekati sungai, cara ini guna mengantisipasi atau menanggulangi jalan yang tenggelam, minimal mobil bisa melalui jalan itu dan kita dari PUPR akan sama-sama dengan pihak balai ke lokasi tersebut,” ucapnya.

Kegiatan ini baru berjalan namun untuk pasir biasa kita sudah mulai dari kemarin sesuai dengan instruksi Pj. Bupati Barsel.

“Dan Alhamdulillah pada hari ini ditanggapi langsung oleh Balai untuk pasir yang ada bahan geotek dan sanbeg. Mulai hari ini kita menggunakan bahan itu, kemudian dari Balai juga mendrop material berupa batu untuk bagian lainnya dan dalam hal ini ada tiga instansi yang bekerjasama menangani hal tersebut yakni pihak Balai Sungai dan Balai Jalan Kementrian dan PUPR Barsel. Mudah-mudahan bisa bermanfaat setidaknya untuk sementara waktu sambari mencari solusi lainnya dan semoga saja bencana ini cepat berlalu,” ujarnya.

Sementara itu untuk pasca banjir, pihak Balai Sungai juga telah siap membantu membuatkan tanggul di beberapa titik agar apabila terjadi banjir di kemudian hari tentunya tidak separah ini, intinya pihak balai akan siap membantu pada saat banjir dan pasca banjir. (lam)