Pemkab Barsel Fokus Peningkatan Ekonomi dan SDM

BALANGANEWS, BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten (Barsel),Dr. Deddy Winarwan mengatakan, salah satu fokus kabupaten setempat pada 2025 yakni pada pertumbuhan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Untuk pertumbuhan ekonomi ditargetkan sebesar 2,9 persen dan Indeks Pembangunan Manusia ditargetkan sebesar 70,4 persen,” katanya, Rabu (15/5/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan, untuk pembangunan ekonomi, pihaknya membuka seluas-luasnya untuk investor menanamkan modalnya di daerah ini dalam upaya menggerakkan perekonomian di Barsel.

Kita akan terus meningkatkan potensi-potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Dijelaskan untuk meningkatkan potensi-potensi yang ada di pedesaan seperti pariwisata, , , perkebunan dan lainnya dalam upaya menggerakkan sektor perekonomian.

“Sedangkan untuk pembangunan manusia, pihaknya memastikan seluruh anak dari level Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang merupakan kewenangan kabupaten agar dapat mengikuti tersebut secara gratis yang juga didukung dengan pembangunan ,” jelasnya.

Ditambahkan pada 2024 ini sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC) yang mana seluruh masyarakat ditanggung melalui yang bekerjasama dengan BPJS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dengan hanya menunjukan KTP Barsel.

“Untuk IPM ini juga, pihaknya juga sudah menyediakan beasiswa sejak awal kepemimpinannya, baik kuliah ke luar negeri dan dalam negeri bagi anak-anak Barito Selatan yang berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu,” tambahnya.

Saya minta doa dan dukungan dari semua stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan pimpinan serta anggota DPRD untuk bersama-sama bersinergi mewujudkan semua itu demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. (lam)