Pelepasan Arwana Red Banjar di Danau Malawen

, – Ikan Arwana merupakan salah satu spesies ikan yang hidup dan berkembang biak di wilayah Barito Selatan () sehingga perlu dijaga dan dilestarikan.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), Dr. H. Deddy Winarwan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barsel Eddy Purwanto dalam sambutannya mengatakan proyek Ifish bersama berperan aktif dalam merumuskan dan mengimplementasikan regulasi serta kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perikanan darat.

“Kerangka regulasi ini berusaha menyeimbangkan antara tujuan konservasi dan kebutuhan masyarakat lokal serta memastikan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan,” katanya, Sabtu (1/6/2024).

Dijelaskan sebagai puncak dari upaya ini, kami sangat bangga Barsel menjadi lokasi acara pelepasliaran Arwana Red Banjar. Kegiatan ini bekerja sama dengan FAO Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemkab Barsel melalui Dinas Ketahanan , dan Perikanan (DKPPP) sebagai dinas teknis, serta para pemangku kepentingan lainnya.

“Acara ini tidak hanya menandai tonggak penting dalam konservasi arwana, tetapi juga menandakan pembentukan kawasan konservasi perikanan, yang menunjukkan komitmen kami terhadap keberlanjutan jangka panjang dalam pengelolaan perairan darat di wilayah Kabupaten Barsel,” pungkasnya. (lam)