Pj Bupati Barsel Lantik Eselon III dan IV

BALANGANEWS, – Pj Bupati Barito Selatan, Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si, kembali melantik pejabat administrator, pengawas, dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Barito Selatan.

Acara yang berlangsung di Aula Bappeda setempat, dihadiri Sekda, unsur Forkopimda, Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah.

Adapun Pejabat yang dilantik berjumlah enam orang untuk eselon III dan IV di antaranya Pejabat Administrator Camat Karau Kuala yang di Isi Adriansyah dan Pejabat Pengawas Arnisanto, Amd, Hadi Susanto, SE. Serta Pejabat Fungsional dr. Lidya Panjaitan, Murwanti, S. Kep,. Ns,. M. Kep, dan dr. Mas' Ruga Idris.

Dalam sambutannya, Dr. H. Deddy Winarwan, M. Si,. menegaskan pentingnya ini sebagai bagian dari upaya memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, , dan pelayanan kepada masyarakat.

Pelantikan ini juga menindaklanjuti surat Kepala Badan , dan surat Kalimantan Tengah mengenai persetujuan mutasi, promosi, dan pemberhentian pejabat di lingkungan Pemkab Barito Selatan.

Pj. Bupati menekankan bahwa pejabat yang baru dilantik harus siap membantu dalam merumuskan dan melaksanakan setiap kebijakan yang telah tertuang dalam rencana pembangunan daerah.

“Pejabat harus memiliki pemikiran yang visioner untuk mencapai visi dan misi daerah, serta bekerja keras untuk kesempurnaan pelaksanaan pelayanan publik yang diterima masyarakat,” katanya, Sabtu (1/6/2024).

Deddy juga mengingatkan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2024.

ASN harus bebas dari segala bentuk pengaruh dan tidak memihak pada kepentingan manapun.

“Netralitas ASN bukan hanya dalam pelaksanaan , tetapi juga dalam penyelenggaraan pelayanan publik, manajemen ASN, serta dalam pembuatan keputusan/kebijakan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Deddy menjelaskan bahwa ketidaknetralan ASN dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti diskriminasi layanan, kesenjangan antar ASN, konflik kepentingan, dan mengurangi profesionalitas.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh pimpinan perangkat daerah untuk mengawasi dan mengingatkan seluruh ASN di lingkungannya agar selalu menjaga netralitasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Deddy Winarwan juga berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar segera melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, menjunjung tinggi profesionalitas, dan bekerja dengan jujur.

“Kejujuran perlu dipupuk dan disiram agar tumbuh subur dan nantinya akan berbuah keberkahan bagi yang menanamnya,” ujarnya penuh harap.

Acara pelantikan ini tidak hanya menjadi momentum penting bagi para pejabat yang dilantik, tetapi juga bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.

Pj. Bupati berpesan agar selalu semangat memberikan pengabdian terbaik, menjaga kesehatan, dan memohon petunjuk kepada Allah SWT dalam menjalankan amanah yang sudah diberikan agar senantiasa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan harapan masyarakat. (lam)