Apel Siaga Gelar Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Bencana di Barsel

, BUNTOK – Badan Penanggulangan Daerah () Kabupaten () menggelar apel gabungan sarana dan prasarana dalam kesiapan menghadapi bencana di kabupaten barsel, acara dilaksanakan, di halaman kantor Bupati Barito Selatan.

Penjabat Bupati Barsel Dr. Deddy Winarwan saat memimpin apel mengatakan, apel siaga bencana bertujuan membangun sinergitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana.

“Memperhatikan perkiraan BMKG tersebut Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama dengan , /1012 Buntok, instansi vertikal, dinas, badan pada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan pihak terkait lainnya, terus memantapkan upaya pengendalian bencana di wilayah Kabupaten Barito Selatan, sehingga ancaman bencana pada tahun 2024 dapat dikendalikan,” katanya, Jum’at (19/7/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan dalam rangka pengendalian, pencegahan bencana di wilayah Kabupaten Barito Selatan, pemerintah kabupaten melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), juga dukungan dari pemerintah provinsi kalimantan tengah.

“Alhamdulillah untuk tahun 2024 kita mendapat dukungan pos lapangan pengendalian hutan dan lahan di 4 (empat) kecamatan, 3 (tiga) kelurahan dan 2 (dua) desa, yang dananya bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah,” ucap Bupati Barsel.

Ditambahkan untuk itu diinstruksikan kepada seluruh camat di wilayah Kabupaten Barsel, terus melakukan koordinasi yang intensif dengan forkopimcam, pemerintah desa dan kelurahan melakukan mitigasi bencana, sosialisasi, monitoring dan evaluasi dalam rangka pencegahan bencana di wilayah kecamatan masing-masing.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai koordinator dan komando lapangan untuk itu masalah penanggulangan kebencanaan agar mampu mengkoordinasikan dengan pihak-pihak yang terkait guna pengendalian terhadap bencana dengan meningkatkan patroli, sosialisasi, serta deteksi dini terhadap peluang kejadian bencana dapat diminimalisir,” pungkasnya. (lam)