Tetap Lestarikan Kebudayaan Lokal Barsel

Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir

, BUNTOK – Wakil Bupati Barito Selatan, Djoedir mengatakan, beragam cara dilakukan oleh pemerintah daerah demi menjaga kelestarian budaya dan kesenian lokal.

Di antaranya seperti melalui dari komunikasi aktif bersama tokoh adat, hingga gelaran pementasan dan perlombaan budaya yang dilakukan secara rutin.

Melalui Dinas Pemuda dan (Disporaparbud) Barsel, pemerintah daerah akan selalu kontinyu dalam melaksanakan pagelaran yang sifatnya menampilkan budaya Barsel.

“Semua ini dilakukan agar masyarakat dapat lebih mencintai budaya sendiri, sebagai bagian penting berjalannya ,” kata Wabup Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir, Senin (18/4/2022).

Dijelaskan ini akan menjadi upaya yang sangat baik dalam pelestarian kebudayaan. Karena akan dilombakan sejumlah permainan tradisional, seperti bagasing, menyumpit, , balogo dan kegiatan lainnya. Orang nomor dua di jajaran itu mengatakan, kebudayaan lokal merupakan hal yang patut dibanggakan.

“Pesan moral dan nilai positif yang terkandung dari warisan leluhur itu, hendaknya dijadikan dasar pemikiran bersama, sebagai kekayaan budaya bangsa yang harus dijaga kelestariannya,” pungkasnya. (lam)