Sosialisasikan Progam Kampung Iklim di Barsel

SAVE 20220610 184508

, – Dinas Hidup (DLH) Kabupaten Barito Selatan (), mensosialisasikan program kampong kepada beberapa desa, yang dilaksanakan, di aula Hotel Luftan Buntok, Kamis (9/6/2022).

Plt Kadis yang diwakili oleh Sekretaris H. Haitami mengatakan bahwa tujuan utama program dari kampong iklim ini guna sejauh mana dapat menginvetarisir masyarakat desa tersebut peduli pada program iklim tersebut.

“Sehingga dengan sudah menginvetarisir desa mana yang sudah mengikuti program iklim, kita bisa kembali daftarkan untuk desa yang ingin ikuti program kampung iklim yang berbasis Darkarhutla,” kata Sekretaris DLH, Haitami, Jum'at (10/6/2022).

Masih dikatakan Haitami, untuk saat ini desa yang telah mengikuti program tersebut sudah ada 7 desa, yang mana 6 desa mendapatkan kategori Madya dan 1 desa Utama. Sehingga untuk dapat mencapai kategori tertinggi yakni Lestari harus setidaknya ada 11 desa yang ikut setidaknya.

“Jadi tahun ini kita kembali mengusulkan 4 desa, sehingga klop jadi 11 desa dan kita dapat mencanangkan desa Pararapak yang saat ini kategori Utama bisa naik jadi Lestari yang nantinya akan membimbing desa lainnya,” ucap sekretaris DLH.

Sementara Kasi Perubahan Iklim Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan Setiawan mengatakan, Proklim ini merupakan kegiatan pemahaman akan perubahan iklim yang terjadi setiap saat dan tentunya bisa diadaptasi tiap desa akan dampak terjadinya perubahan iklim ini.

“Intinya adalah memberikan pengakuan atas terjadinya perubahan iklim dalam suatu tempat dalam hal ini bagian desa yang mengikuti program ini dan sejauh mana mereka bisa beradaptasi dalam hal tersebut,” ucapnya.

Ia juga mengatakan sejauh ini Barsel bisa dibilang termasuk Kabupaten yang aktif dalam mengikuti program ini, untuk mendaftarkan mengikuti program tersebut sejak tahun 2018.

“Jadi setiap tahunnya Barsel selalu mendaftarkan untuk terus mengikuti program ini melewati kelembagaan yang mengurus hal ini,” jelasnya.

Sementara External Relation Buma Nunup Walehano mengatakan, pihaknya yang merupakan dari sector usaha, sangat mendukung sekali program ini dan kembali menyerahkan kepada pihak terkait bila mana inginkan bantuan bisa dianggarkan nantinya lewat yang ada.

“Jadi kita akan selalu mendukung program kegiatan yang tentunya dalam hal ini kegiatan yang positif, yang mana lewat program CSR perusahaan akan kita anggarkan nantinya,” pungkasnya. (lam)