Lagi, Dua Anak di Bartim Positif Covid-19

Dr. Jimmi WS Hutagalung

, – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) -19 Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengatakan saat ini ada penambahan lima pasien terkonfirmasi positif , dua di antaranya adalah anak-anak.

“Benar, telah terjadi penambahan lima orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang, dan dua di antaranya masih anak-anak,” kata Bupati Barito Timur sekaligus Ketua GTPP Covid-19 Barito Timur melalui Koordinator Bidang Penanganan dr. Jimmi WS Hutagalung melalui di Tamiang Layang, Minggu (12/7/2020).

Lebih lanjut dr. Jimmi WS Hutagalung yang juga Direktur RSUD Tamiang Layang ini mengatakan, dua anak tersebut yakni D (5) dan M (7) dirawat bersama tiga pasien terkonfirmasi lainnya yakni Nyonya A (39), Nyonya R (43) dan Nyonya Y (70).

Ditambahkan dia, ditemukannya kasus ini merupakan hasil kerja keras GTPP Covid-19 Kabupaten Barito Timur yang terus berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19, “dengan melakukan pelacakan kemudian dilakukan perawatan hingga sembuh,” imbuhnya.

Sementara itu Koordinator Bidang Pencegahan GTPP Covid-19 Kabupaten Barito Timur dr. Simon Biring mengatakan, lima kasus tambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Barito Timur berasal dari tiga orang dan dua orang.

“Mereka ini merupakan kontak erat dan ada hubungan dengan pasien positif Covid-19 terdahulu, setelah menjalani tes cepat dengan hasil reaktif kemudian langsung dilakukan swab dan hasilnya positif Covid-19,” jelas Simon Biring.

Sebagaimana diketahui Penambahan pasien Covid-19 sebanyak lima orang, mengubah jumlah kumulatif positif Covid-19 yang semula 23 kasus menjadi 28 kasus dengan rincian dirawat 15 orang, 12 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Selain itu, satu Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan nihil Orang dalam Pemantauan (ODP). (yus)