Dewan Minta Awasi Pergaulan Anak di Saat Pandemi Covid-19

Ketua Komisi II DPRD Barito Timur, Adolina Sendol

, – Kalangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten meminta peran ekstra orang tua mengawasi pergaulan anak di tengah pandemi Covid-19.

“Pencegahan penularan (Covid-19) ini harus dimulai dari , salah satunya selalu proaktif mengawasi pergaulan anak, sehingga tidak tertular yang mematikan tersebut,” kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Timur, Adolina Sendol melalui WhatsApp di Tamiang Layang, Selasa (28/7/2020).

Adolina mengatakan selain mematuhi anjuran pemerintah terhadap protokol , orang tua mesti mengingatkan anak, setidaknya melarang nongkrong di luar rumah tanpa alasan jelas, “kalau mendesak urusannya bisa saja, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Ditambahkan dia, pergaulan anak apalagi dengan sistem belajar di rumah menjadikannya lebih leluasa, banyak waktu yang harus benar-benar dimanfaatkan, “oleh karenanya anak diarahkan supaya mengisi waktu luang dengan kegiatan positif,” imbuhnya.

Dikatakan dia, penularan Covid-19 mengkhawatirkan dan tidak memandang usia, tetapi anak rentan tertular dan dampaknya sangat besar, “untuk itu pergaulan meraka harus diawasi secara ketat,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Adolina Sendol Ketua Komisi II DPRD yang juga Ketua DPD ini, juga mengingatkan kembali supaya semua warga masyarakat untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah untuk menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan WHO, “sebab tidak ada yang bisa mencegah Covid-19 kecuali kedisiplinan pribadi,” pungkasnya. (yus)