Pemkab Barut Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Pemerintah

, BARITO UTARA – Pemerintah kabupaten Barito Utara (), melaksanakan Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah 2024, di Halaman Gudang Bulog Muara Teweh, Rabu (31/1/2024).

Pada kesempatan ini Pj Bupati Barito Utara, Muhlis hadir dan sekaligus secara resmi menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah 2024, didampingi oleh Unsur FKPD, Asisten Setda, Kepala Perangkat Daerah, serta pihak terkait lainnya.

Muhlis menyampaikan, bahwa pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan harus tersedia secara cukup. Dia mengimbau bahwa masyarakat tidak hanya harus memulai menanam di lingkungan rumah.

“Lingkungan tempat kerja dan harus kita gaungkan sampai seluruh masyarakat kita ubah mindset bertani atau bercocok tanam tidak harus di ladang, persawahaan, melainkan dengan memanfaatkan area pekarangan rumah dengan sistem ,” katanya.

Untuk itu, Pj Bupati meminta kepada dinas terkait untuk terus bersinergi dan berkolaborasi untuk membuat perencanaan strategis sehingga di kabupaten Barito Utara aman.

“Saya berharap semoga dengan adanya penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah di kabupaten Barito Utara ini dapat meringankan beban hidup masyarakat dan membantu penerima manfaat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan , Siswandoyo menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya penyaluran bantuan pangan CPP Tahun 2024 adalah membantu percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, mengendalikan dalam rangka stabilisasi pasokan harga pangan dan mengatasi kerawanan pangan dan gizi.

Lebih lanjut katanya, penyaluran bantuan pangan CPP ini akan disalurkan kesembilan kecamatan, desa/kelurahan se kabupaten Barito Utara dengan 2 tahap yaitu tahap satu (Januari-Maret) dan tahap 2 (April-Juni).

“Dengan alokasi sebanyak 10Kg/bulan/ Penerima Manfaat (KPM) dengan total KPM sebanyak 4.795 orang,” bebernya. (asp)