Kadisdik Barut: Peningkatan Mutu Pendidikan Fokus pada Aspek Akademik dan Non-Akademik

BALANGANEWS, – Kepala Kabupaten , Syahmiludin A Surapat mengatakan bahwa upaya peningkatan mutu di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik.

“Sehingga dengan begitu siswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya,” kata Kadisdik Barito Utara Syahmiludin A Surapati saat membua tingkat Kabupaten Barito Utara, di GOR Panglima Batur Muara Teweh, Sabtu (8/6/2024).

Oleh karena itu kata dia penyelenggaraan O2SN ini merupakan salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang , yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi jasmani siswa sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah, juga bertujuan meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga.

“Saya selaku pribadi dan atas nama instansi, dengan penuh optimis menyambut baik penyelenggaraan O2SN jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat kabupaten Barito Utara tahun 2024 ini,” kata dia.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.

“Tentunya kami sangat berharap besar nantinya kegiatan O2SN tingkat kabupaten mampu berprestasi pada ajang O2SN yang lebih tinggi lagi baik pada tingkat provinsi maupun tingkat , sebagaimana prestasi yang mampu diraih di ajang O2SN ditahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan mengatakan prestasi olahraga yang mampu diraih mulai dari tingkat yang paling bawah hingga berjenjang pada tingkat selanjutnya, sesungguhnya semua itu merupakan parameter penting dari keberhasilan kita melakukan pembinaan bidang olahraga di daerah ini.

“Saya berpesan kepada anak-anakku sekalian, bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas untuk menunjukan prestasi terbaik, terkuat, dan terindah. Dan kepada para juri, saya mengajak untuk memimpin setiap pertandingan secara profesional, objektif dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan juri, dan kepada para pendamping olahraga, mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita untuk lebih baik dan berprestasi,” ucap Syahmiludin A Surapati.

Pada kesempatan itu Kadisdik juga mengimbau kepada segenap panitia, tim juri termasuk para peserta untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini.

“Semangat kerjasama, rasa persaudaraan dan persatuan sesama para peserta dapat terjalin dengan baik, apabila kita semua mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi,” pungkasnya. (ads)