Pemkab Barut Konsultasi Publik I Penyusunan Dokumen KLHS RPJMD

, – Pemerintah Kabupaten melaksanakan kegiatan konsultasi Publik I Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Jangka Menengah Daerah (KLHS RPJMD) Kabupaten Barito Utara tahun 2025-2029, di aula Senyiur Muara Teweh, Senin (24/6/2024).

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melalui Asisten II H Gazali mengapresiasi kegiatan kerjasama swakelola yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara dengan LPPM Universitas Lambung Mangkurat dalam penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis rencana pembangunan jangka menengah daerah (KLHS RPJMD) Kabupaten Barito Utara tahun 2025-2029.

Dalam sambutan tertulisnya Pj Bupati Muhlis melaui Asisten II H Gagali mengatakan kajian lingkungan hidup strategis merupakan rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program.

“Saya selaku Penjabat Kepala Daerah berharap dokumen KLHS RPJMD Barito Utara yang disusun, nantinya sebagai pedoman untuk memberikan arah terhadap kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program , lintas daerah, dan program kewilayahan dalam rangka menjamin keberlanjutan pembangunan jangka panjang (sustainability development) dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan pada setiap tahun selama 5 (lima) tahun yang akan datang,” kata Pj Buapti Muhlis melalui Asisten Sekda H Gazali.

Sehingga kata dia secara bertahap dapat mewujudkan cita-cita masyarakat Kabupaten Barito Utara, termasuk juga rencana kerja dan kerangka anggaran yang bersifat proyektif dan indikatif selama 5 (lima) tahun ke depan dan tetap berpedoman pada RPJPD dan RPJMN.

Pj Bupati Muhlis juga meminta kepada seluruh peserta konsultasi publik agar dapat berpartisipasi dalam memberikan masukan dan saran serta memberikan data yang diperlukan tim penyusun dalam proses penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis rencana pembangunan jangka memengah daerah (KLHS RPJMD) Kabupaten Barito Utara periode 2025-2029 yang dilaksanakan hari ini.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati memohon bimbingan dan masukan kepada Ketua Tim Tenaga Ahli LPPM Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin sebagai tim penyusun KLHS RPJMD Kabupaten Barito Utara 2025-2029.

Ia juga memohon bimbingan, saran dan masukan untuk kami Pemkab Barito Utara dalam menyusun dokumen KLHS RPJMD ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta yang paling utama untuk kesejahteraan dan keberlanjutan Kabupaten Barito Utara yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut Asisten II menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada ketua tim tenaga ahli LPPM Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin atas kesediaannya untuk sebagai tim penyusun KLHS RPJMD Kabupaten Barito Utara 2025-2029.

“Dan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara beserta jajarannya saya juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara konsultasi publik ini serta kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu yang turut serta dalam penyusunan dokumen KLHS RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2025-2029,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten Sekda II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Gazali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup , Ir Inriaty Karawaheni, kepala perangkat daerah, Tim Pembuatan KLHS RPJMD, Ketua Tim Ir Hafizianor, Ir Leila Ariyani Sofia (bidang ekonomi) Nopi Stiyani (bidang lingkungan), Ir Syahrial Shaddiq (bidang ), Syam'aini (bidang tata ruang dan keadaan umum wilayah dan Abdullah (bidang hukum dan tata kelola) dan undangan lainnya. (ads)