Tim Sahabat H Gogo Purman Jaya Kunjungan ke Disdik Barut Terkait Program Pendidikan

BALANGANEWS, Kabupaten () beberapa waktu lalu pada Rabu 26 Juni 2024 menerima kunjungan dari salah satu tim bakal calon bupati Barito Utara Tim Sabahat H Gogo Purman Jaya.

Dalam menerima kunjungan Tim Sahabat H Gogo Purman Jaya tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara didampingi para seluruh Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendidikan setempat. Dalam kunjungan Tim Sahabat H Gogo Purman Jaya tersebut, mereka mempertanyakan terkait program Pendidikan di Kabupaten Barito Utara.

Topik pembicaraan tim Sahabat H Gogo Purman Jaya murni masalah pendidikan di Kaupaten Barito Utara. Dan tentu saja, Dinas Pendidikan Barito Utara berdialog dalam koridor dan batasan norma, sebagai pihak yang tak boleh ditarik-tarik bermain politik praktis.

Melalui WhatsApp (WA) Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Syahmiludin A Surapati, Selasa (2/7/2024) pagi mengatakan beberapa waktu yang lalu tim sahabat H Gogo Purman Jaya memang ada meminta ijin untuk datang bersilaturahmi dan meminta waktu untuk melakukan audiensi dan diskusi menyangkut program pembangunan pendidikan di Kabupaten Barito Utara.

Dikatakan Syahmiludin, Dinas Pendidikan Barito Utara sebelumnya juga sudah ada menerima dan bertukar pikiran dengan tim sukses Akhmad Gunadi Nadalsyah tentang strategi pelaksanaan program pembangunan pendidikan agar bisa semakin maju dan mempercepat keberhasilan pencapaiannya di Barut.

“Kami dari Dinas Pendidikan Barito Utara menyambut baik dengan terhadap permintaan yang datang dari pihak siapapun, baik itu pribadi, lembaga ataupun kelompok yang perduli dengan dunia pendidikan sebagai bentuk perhatian, apresiasi dukungan dan koordinasi mengenai upaya untuk bersama dalam membangun bidang pendidikan agar nantinya bisa lebih baik lagi di masa kini maupun masa akan datang,” kata Kadis Pendidikan Syahmiludin A Surapati, Selasa (2/7/2024).

Kebetulan kata Kadisdik Barito Utara terhadap 2 tim yang katanya dari 2 Bacalon kepala Daerah Barito Utara periode 2024-2029 yang datang, tentunya Dinas pendidikan sangat menyambut baik dan menerima serta memperlakukan setara sesuai keberadaan Dinas Pendidikan yang wajib memberikan pelayanan publik terbaik kepada siapapun, lebih-lebih kepada tim yang mewakili pihak yang perduli dengan pendidikan.

“Kita hendaknya bisa memaknai bahwa yang datang adalah mereka yang menunjukkan keperdulian, perhatian dan keinginan yang sama untuk membawa pendidikan bisa lebih baik lagi,” kata dia.

Diungkapkannya, kita tidak membedakan dan akan memperlakukan hal yang sama terhadap siapa pun yang ingin mengajak berdiskusi demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Barito Utara yang lebih baik lagi.

Menurut dia keberhasilan pembangunan pendidikan tentunya tidak akan bisa kalau hanya dilakukan oleh satu pihak, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten saja. Pembangunan itu akan cepat berhasil bila melibatkan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dunia usaha maupun stakeholder terkait lainnya.

Dikatakan Syahmiludin, kalau dikaitkan dengan kepentingan politik, tentunya 2 tim yang datang tersebut sudah menunjukkan komitmen bahwa program pendidikan yang sudah diletakkan dengan sangat baik oleh kepemimpinan kepala daerah sebelumnya tetap dipastikan untuk tetap menjadi prioritas utama yang nantinya akan dijalankan.

“Satu hal yang pasti bahwa nantinya pasti akan ada yang terpilih melalui proses Pilkada Serentak tahun 2024 ini. Mereka inilah putra-putra terbaik Barito Utara yang ingin mendedikasikan pengabdian untuk pembangunan 5 tahun kedepan,” ungkapnya.

Syahmiludin juga menjelaskan bahwa upaya meningkatkan kualitas SDM merupakan faktor kunci dan penentu bagi keberhasilan dan percepatan pembangunan. Potensi SDA yang kaya dan melimpah memang merupakan suatu berkah sebagai modal dasar bagi pembangunan.

Kekayaan SDA itu kata dia akan bisa optimal bila didukung oleh kualitas SDM yang baik, berkompeten dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya dalam upaya mewujudkan pembangunan yang bisa meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan, peningkatan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, pembangunan infra struktur hingga kebutuhan dasar manusia yang tercukupi secara berkeadilan dan berkelanjutan.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan mengatakan untuk mencapai hal itu semua tidak terlepas dari investasi kualitas SDM yang handal dan berkompeten untuk mewujudkan nya sesuai cita-cita mulia Proklamasi Kemerdekaan RI yang kita cintai.

Ia juga mengatakan perhatian dalam bidang pendidikan mutlak harus kita tempatkan sebagai program prioritas yang sama pentingnya dengan pembangunan . Investasi pendidihan SDM memang tidak bisa langsung terlihat hasilnya karena berproses dan waktu yang panjang baru bisa kita panen hasil dan manfaatnya.

“Beda kalau dengan pembangunan fisik infrastruktur yang dalam waktu segera terlihat hasilnya. Ibarat membangun, pendidikan itu adalah pondasi awalnya. Bila sudah terbentuk baik dan kokoh, tentunya bisa dipastikan pembangunan di atasnya juga akan kuat dan tidak mudah roboh,” ucap mantan Kepala Dinas Pertanian ini.

Jadi kata dia kita akan sangat bangga dan bersyukur karena mereka juga menunjukkan keperdulian dan pentingnya pendidikan sebagai prioritas utama mereka. Khusus untuk tim yang mengatas namakan Bacalon kepala daerah Barito Utara hendaknya kita terima dengan baik atas niat baik mereka sepanjang belum masuk dalam tahapan jadwal Pemilukada yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara.

“Bila sudah masuk tentunya ada batasan, aturan dan rambu-rambu yang harus diperhatikan bersama agar keberadaan unsur ASN bisa tetap sesuai arahan pimpinan untuk bersikap netral, profesional dan berintegritas agar tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis,” pungkasnya. (ads)