Puluhan Personel Polres Gumas Lakukan Latihan Dalmas

WhatsApp Image 2023 08 04 at 1.53.52 PM
Suasana latihan Dalmas sebagai langkah antisipasi kerawanan Kamtibmas, yang dilakukan puluhan personel Polres Gumas, Jumat (4/8/2023)

, menggelar latihan pengendalian massa (dalmas). Latihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas personel ketika akan bertugas di lapangan, serta mengantisipasi terjadinya kerawanan kamtibmas.

“Ini merupakan latihan rutin untuk membiasakan personel dalam mengikuti prosedur tetap, sehingga menjadi terbiasa, terbentuk disiplin dan tampil profesional saat menghadapi massa,” ujar Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, Jumat (4/8/2023).

Di samping itu, latihan dalmas tersebut juga untuk meningkatkan fisik dan berbagai tahapan yang harus dilakukan personel dalam melaksanakan pengamanan yang sebenarnya, sehingga akan menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

ADE S

“Latihan dalmas ini untuk penanganan yang tepat dan menghindari kesalahan prosedur di lapangan. Setiap personel harus selalu siap jika dibutuhkan dan sudah tahu yang dilakukan saat berhadapan dengan massa,” tegasnya.

Pelaksanaan latihan dalmas yang diikuti puluhan personel Gumas tersebut, diawali dengan penyampaian materi berupa gerakan dalmas awal, gerakan dalmas lanjut yang lengkap dengan tameng , dan kendaraan water cannon untuk mengurai massa.

“Kalau materi dalmas lanjutan disesuaikan formasi yakni sikap siaga, tempur, maju, desak maju, dan berlindung. Saat penyampaian materi, personel juga mengecek peralatan dalmas untuk mengetahui kondisi serta kebersihan secara berkala,” terangnya.

Dia mengakui, dalmas merupakan salah satu tugas pokok dari Polri, khususnya Satuan Sabhara dalam rangka melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Dengan pelatihan ini, maka kami akan siap jika ada kegiatan masyarakat yang perlu pengamanan Polri saat penyelenggaraan,” pungkasnya. (ahs)