Pemkab Komitmen Ciptakan Pesta Demokrasi yang Kondusif

WhatsApp Image 2023 09 13 at 5.25.48 PM
Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, saat menandatangani pernyataan deklarasi pemilu damai tahun 2024, di Aula Patriatama Polres Gumas, Senin (11/9/2023)

BALANGANEWS, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama kepolisian, , penyelenggara dan peserta , elemen masyarakat, partai , serta instansi terkait sudah melakukan penandatanganan deklarasi damai untuk pemilu tahun 2024.

”Deklarasi damai merupakan komitmen untuk menciptakan politik yang aman, sejuk, damai dan harmonis. Semua harus sepakat bersama-sama mewujudkan pemilu damai,” ujar Bupati Gumas Jaya S Monong, Rabu (13/9/2023).

Dia menuturkan, pemilu damai artinya peserta pemilu tidak melakukan kampanye hitam yang menyinggung terkait suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), tidak menyebar informasi bohong dan mencegah politik uang yang mengotori marwah demokrasi.

”Tindakan seperti itu yang justru dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Saya ingin semua pihak menjunjung tinggi semangat kebersamaan dan menjaga komitmen bersama untuk menciptakan pesta demokrasi yang kondusif,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada semua pihak harus mematuhi dan menjadikan deklarasi damai itu sebagai landasan untuk menciptakan tahapan pemilu yang berkualitas, berintegritas, serta terlaksana berdasarkan ketentuan dan aturan yang berlaku.

”Pilihan dan pendapat boleh berbeda, tetapi persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga. Perbedaan pilihan itu merupakan hal wajar. Jangan ada pertengkaran yang membuat kegaduhan di masyarakat,” tegasnya.

Dia mengajak seluruh parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, akademisi, dan seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan . Jangan ada yang menyebarkan dan menanggapi informasi yang beredar di masyarakat secara berlebihan.

”Jangan mencederai pemilu 2024 dengan membuat kegaduhan. Untuk itu, kami minta kepada pihak penyelenggara baik itu KPU maupun agar profesional dan menjaga netralitas. Sedangkan pihak keamanan, harus membangun sinergitas dengan pihak terkait,” tukasnya. (ahs)