Penyaluran Bantuan Sosial Harus Tepat Sasaran

Whatsapp Image 2023 09 26 At 1.50.37 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Lily Rusnikasi (ujung kiri) ketika menghadiri rapat paripurna DPRD setempat, pekan lalu

, – Anggota Kabupaten , Lily Rusnikasi mengingatkan agar setiap penyaluran bantuan , baik itu dari pemerintah pusat maupun , harus diberikan kepada masyarakat miskin atau tidak mampu.

“Bantuan sosial yang disalurkan pemerintah itu untuk masyarakat miskin dan sudah selayaknya mereka menerima. Kami ingin penyalurannya tepat sasaran,” ujar Lily, Selasa (26/9/2023).

Saat ini, ada banyak program bantuan pemerintah untuk masyarakat miskin atau kurang mampu, seperti program harapan (PKH), kartu indonesia sehat (KIS), kartu indonesia pintar (KIP), kartu keluarga sejahtera. Setiap bantuan itu harus dipertanggungjawabkan dalam hal penggunaan.

“Dalam penyaluran bantuan sosial, kami ingin terkait bekerjasama tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), pekerja sosial masyarakat (PSM), dan berbagai pihak, sehingga bantuan dari pemerintah bisa diterima oleh masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Dia meminta adanya pendataan dan verifikasi sebelum bantuan itu disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan terealisasi bantuan ini, maka diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau bantuan yang diberikan tepat sasaran, maka pasti berdampak positif dan meringankan beban masyarakat miskin atau kurang mampu,” pungkasnya. (ahs)