Damang di Gumas Terima Bantuan Sepeda Motor Operasional

Whatsapp Image 2023 11 28 At 5.37.01 Pm
Bupati Gumas, Jaya S Monong menyerahkan bantuan sepeda motor operasional kepada damang kepala adat, di aula kantor DAD setempat, Senin (27/11/2023).

, – Bupati , Jaya S Monong melaksanakan kegiatan hasupa hasundau sekaligus menyerahkan bantuan fasilitas sepeda motor operasional, kepada seluruh kepala di 12 kecamatan se Kabupaten Gumas.

”Bantuan ini sebagai bentuk upaya penguatan kelembagaan adat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan membangun citra positif damang kepada ,” ujar Jaya, Selasa (27/11/2023).

Damang kepala adat merupakan pimpinan adat pada tingkat kecamatan, yang berwenang menegakkan adat dayak. Karena tugas berat sebagai ujung tombak hukum masyarakat adat, maka mereka perlu diberikan fasilitas berupa kendaraan operasional untuk melayani masyarakat.

”Bantuan itu untuk menunjang kegiatan damang dalam kegiatan pembinaan atau hal yang berkaitan dengan urusan adat maupun budaya, secara khusus di wilayah kecamatan,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan itu, diharapkan akan bisa meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat, yang berkaitan dengan urusan kedamangan di wilayah kecamatan masing-masing sesuai kapasitas, fungsi dan tanggung jawab damang.

”Pemberian sepeda motor operasional juga merupakan upaya meningkatkan semangat kerja dan memberikan manfaat yang lebih baik damang kepala adat, khususnya ketika mereka melaksanakan tugas di lapangan,” katanya.

Di samping sebagai penunjang tugas, diharapkan kendaraan operasional dapat dipelihara dan dijaga, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dalam melayani masyarakat adat dapat berjalan lancar dan aman.

”Saya ingin para damang kepala adat meningkatkan koordinasi dengan mantir, kades, camat, dan seluruh stakeholder terkait di wilayahnya. Selain itu, selalu memperhatikan aset atau pedoman berita acara yang diberikan,” pungkasnya. (ahs)