Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

, – Anggota Kabupaten , Iceu Purnamasari berharap partisipasi pemilih pada tahun 2024 bisa meningkat dibandingkan pada tahun 2019 lalu.

”Pada , partisipasi pemilih berkisar 78-79 persen. Kami berharap pemilu tahun 2024, partisipasi pemilih mencapai 80 persen,” ujar Iceu, Selasa (13/2/2024).

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, dia menilai dari penyelenggara yakni KPU setempat sudah berusaha maksimal, seperti melakukan sosialisasi hal-hal yang terkait pemilu kepada kelompok masyarakat dan pemilih pemula di sekolah.

”Dengan upaya tersebut, kami berharap masyarakat dengan penuh kesadaran menggunakan hak pilih untuk datang ke TPS,” terangnya.

Pada kesempatan ini, dia juga menyoroti data di DPT. Pasalnya di beberapa desa, ada orang yang sudah meninggal ataupun pindah tempat tinggal, tetapi masih terdaftar di DPT serta banyak undangan untuk mencoblos tidak diterima oleh pemilih.

”Saya juga menerima keluhan dari beberapa warga yang kebingungan mencari TPS untuk mencoblos. Kam ingin semua permasalahan itu harus menjadi bahan evaluasi kedepan,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk menciptakan pemilu tahun 2024 berjalan aman dan lancar, harus ada sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya pemilu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Kami berharap pelaksanaan pemilu berjalan tertib, aman, dan lancar. Seluruh pihak harus menyukseskan pesta demokrasi ini. Caranya dengan datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih,” tandasnya. (ahs)