Panwascam Harus Profesional Menjaga Suara Rakyat

Ketua Bawaslu Kabupaten Gumas Yepta H Jinal bersama Bupati Jaya S Monong, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, dan Kapolres AKBP Theodorus Priyo Santosa, saat memberikan ucapan selamat kepada anggota panwascam yang baru dilantik, di aula kantor bapperida setempat, Sabtu (25/5/2024).

, – Sebanyak 36 anggota panwaslu kecamatan (panwascam) se-Kabupaten dilantik. Mereka akan menjalankan tugas dalam pengawasan tahapan pilkada tahun 2024. Setiap kecamatan, akan ada tiga anggota panwascam.

“Kepada anggota panwascam, saya minta agar bekerja profesional dan berintegritas. Kredibilitas mereka dipertaruhkan dalam menjaga suara rakyat dalam pilkada,” ujar Ketua Kabupaten Gumas, Yepta H Jinal, Sabtu (25/5/2024).

Dia mengakui, pilkada kali ini sangat berbeda dari sebelumnya, karena tidak hanya mengawasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, tapi bersamaan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , yang tentu memiliki beban pengawasan lebih berat apabila dibandingkan pilkada sebelumnya.

“Akan tetapi, dengan kerja keras dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, saya optimis dan yakin panwascam akan menyukseskan tahapan pilkada. Tentu ini juga perlu dukungan dari seluruh pihak terkait,” terangnya.

Dia berpesan kepada seluruh anggota panwascam agar bekerja sungguh-sungguh sesuai sumpah, janji dan fakta integritas yang diikrarkan, bekerja dengan berpedoman pada peraturan dan tugas-tugas yang diberikan dengan tanggung jawab dan pengabdian, jadilah pengawas yang berintegritas dan profesional.

Selanjutnya, tingkatkan kapasitas dengan menambah pengetahuan dan keterampilan dengan mempelajari berbagai regulasi agar menjalankan tugas dengan baik, selalu bangun komunikasi, kolaborasi dan sosialisasi di wilayah masing-masing dengan mengutamakan upaya pencegahan dalam potensi pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pemilu, peserta, pemilih maupun pihak lain.

“Anggota panwascam harus bersinergi dengan semua unsur, baik itu pemerintah setempat, penyelenggara seperti dan jajaran, kepolisian setempat, , hingga kelompok masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong meminta kepada panwascam, agar bertanggung jawab menjalankan tugas mengawasi tahapan pilkada. Bekerja sesuai pakta integritas, yakni berintegritas yang tinggi dan menolak penyuapan.

“Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut menyukseskan pilkada di Kabupaten Gumas tahun 2024, sehingga bisa berjalan dengan lancar dan kondusif,” pungkasnya. (ahs)