Ratusan Pantarlih di Gumas akan Bertugas Lakukan Coklit

Ketua KPU Kabupaten Gumas Elfrinst G Tumon didampingi Komisioner KPU Provinsi Kalteng Wawan Wiraatmaja, Sekda Gumas Richard, Kapolres AKBP Theodorus Priyo Santosa, ketika berfoto bersama pantarlih Kecamatan Kurun yang baru dilantik, di halaman kantor KPU setempat, Senin (24/6/2024).

, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten melakukan pantarlih, serta apel gerakan coklit se-, untuk tahun 2024.

“Pantarlih yang dilantik berjumlah 320 orang, dari 219 TPS hasil pemetaan. Pelantikan itu dilakukan serentak 12 kecamatan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gumas Elfrinst G Tumon, Senin (24/6/2024).

Pantarlih ini akan bertugas melakukan coklit selama satu bulan, mulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Untuk itu, diharapkan mereka bekerja dengan baik dan sesuai aturan, sehingga nanti diperoleh data pemilih yang akurat.

“Kami juga meminta kepada masyarakat, agar bisa menerima kedatangan pantarlih yang melakukan coklit. Masyarakat diminta untuk kooperatif dengan memperlihatkan KK dan KTP,” terangnya.

Selama tahapan coklit, PPS juga bisa memantau dan membantu pantarlih di wilayahnya. Kalaupun ada kendala, itu bisa dilaporkan PPS, hingga KPU setempat.

“Dari KPU juga akan melakukan monitoring setiap 10 hari pelaksanaan coklit. Mudah-mudahan proses coklit data pemilih berjalan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Gumas Richard menuturkan, pemkab menyambut baik dan mendukung setiap proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan pantarlih, sehingga diharapkan menghasilkan data pemilih berkualitas dan berdampak pada kelancaran maupun kesukseskan pilkada tahun 2024.

“Petugas pantarlih adalah bertugas bukan bekerja, karena yang mereka mengerjakan tugas mulia untuk coklit data pemilih. Itu merupakan hal mendasar dalam penetapan pemilih dalam pilkada tahun 2024,” tuturnya.

Dia menambahkan, tugas sebagai pantarlih menjadi amanah yang sangat penting, khususnya dalam rangkaian menyukseskan pesta demokrasi, sehingga bisa dikatakan pantarlih adalah juga merupakan pejuang NKRI. (ahs)