Kejari Gumas Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bhakti Adhyaksa

Kepala Kejaksaan Negeri Gumas Sahroni beserta jajaran diwawancarai, usai upacara hari bhakti adhyaksa ke-64 tahun 2024, Senin (22/7/2024).

, – Kejaksaan Negeri () Gumas menggelar sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun 2024, dengan mengambil tema Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Modern menuju Indonesia Emas.

“Kegiatan yang kami lakukan itu berupa bakti dengan memberikan bantuan 30 paket sembako ke petugas kebersihan, jalan sehat, anjangsana ke rumah pensiunan jaksa, tes urine, upacara, hingga syukuran,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Gumas Sahroni, Senin (22/7/2024).

Pada momentum hari bhakti adhyaksa ini, kedepan kejaksaan akan lebih meningkatkan kepercayaan publik terhadap tugas, fungsi dan wewenangnya, terutama dalam penegakan hukum serta juga dapat memberikan kemanfaatan lebih kepada masyarakat.

“Khusus di bidang pidum, akan lebih menggunakan program restorative justice, untuk menyelesaikan perkara dan tidak melalui mekanisme peradilan,” terangnya.

Kemudian, menggulirkan program jaga desa, yang merupakan program gabungan di bidang intelijen, perdata dan tata usaha negara untuk memberikan edukasi, serta mendampingi kepala desa dalam pengelolaan anggaran dana desa yang diberikan.

“Pendidikan, kemampuan, dan informasi dari kepala desa itu beragam, sehingga perlu diberikan edukasi sehingga penggunaan anggaran dana desa tidak disalahgunakan dan tepat sesuai kebutuhan yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Terkait kerjasama dengan pemkab setempat, sejauh ini sudah berjalan dengan sangat baik. Kejaksaan memberikan pendampingan hukum perdata dan tata usaha negara terhadap sejumlah kegiatan yang dikerjakan.

“Pendampingan hukum tersebut atas permintaan dari terkait di pemkab setempat,” tukasnya. (ahs)