Siap Amankan Pilkada 2024, Polres Gumas Gelar Pagelaran Sispamkota

BALANGANEWS, Gunung Mas Menggelar Pagelaran Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di halaman kantor KPU Kabupaten Gunung Mas, Kamis (22/8/24) pukul 08.30 WIB.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antar instansi terkait dalam menghadapi potensi gangguan keamanan menjelang Serentak 2024. Skenario latihan Sispamkota kali ini meliputi tiga simulasi:

Skenario 1 Pencegatan dan perampasan kotak suara oleh sekelompok orang tak dikenal.

Skenario 2 Ketua KPU Kabupaten Gunung Mas bersama dengan ADC dan Driver mengalami dalam perjalanan dari Palangkaraya menuju Kuala Kurun.

Skenario 3 Simulasi ketidakpuasan masyarakat pada pelaksanaan perolehan penghitungan suara Pemilihan di KPU Kabupaten Gunung Mas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, koordinasi, dan kemampuan personel keamanan dalam menangani ancaman atau potensi gangguan keamanan selama Pilkada,” ujar Kapolres Gunung Mas, AKBP Theodorus Priyo Santoso, S.I.K.

Latihan Sispamkota melibatkan 193 personel dan 30 personel dari Dit Samapta Polda Kalteng. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai instansi terkait, seperti:
* Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Rhicard, S.T.
* Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Herbert Y. Asin, S.E.
* Ketua KPU Kabupaten Gunung Mas, Elfrins G. Tumon
* Ketua Kabupaten Gunung Mas, Yepta H. Jinal, S.Sos.
* Ketua Negeri Kuala Kurun
* Negeri
* Danramil 07 Tewah Letnan Satu Infantri Sutaji
* Kesbang Pol Kabupaten Gunung Mas
* PJU Polres Gunung Mas

“Sinergitas dan koordinasi yang baik antar instansi terkait sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada. Melalui latihan Sispamkota ini, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama dengan baik untuk menciptakan Pilkada yang aman dan damai,” tambah Kapolres Gunung Mas, AKBP Theodorus Priyo Santoso, S.I.K.

Pilkada merupakan momen penting dalam menentukan pemimpin daerah. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada, sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan membawa kemajuan bagi daerah. (Grd)