Bantu Masyarakat Memperoleh Bahan Pokok dengan Harga Terjangkau

Suasana pelaksanaan gerakan pangan murah, di halaman Kantor Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Rabu (17/10/2024).

, – Dinas dan Ketahanan (DPKP) Kabupaten melaksanakan gerakan pangan murah, dalam rangka peringatan hari pangan sedunia (HPS) ke-44 tahun 2024, di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dan Desa Tanjung Riu, .

“Gerakan pangan murah untuk mempermudah masyarakat memperoleh berbagai bahan pokok dengan harga terjangkau, yang sesuai daya beli masyarakat,” ujar Kepala DPKP Kabupaten Gumas Eigh Manto, melalui Kabid Frinetha, Kamis (17/10/2024).

Di samping itu, gerakan pangan murah juga dalam rangka menstabilkan harga-harga pangan, yaitu menjual bahan-bahan pokok dengan harga lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

“Hal tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan untuk keluarga,” jelasnya.

Dia mengatakan, dalam gerakan pangan murah, DPKP bekerjasama dengan bulog, distributor, kelompok tani, peternak, pembudidaya ikan, untuk menyediakan berbagai bahan pangan murah dan berkualitas yang dijual kepada masyarakat.

“Kami berupaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan bahan pangan, terutama menyelaraskan harga bahan pangan yang sesuai harga di pasaran,” terangnya.

Bahan pangan yang dijual yaitu lima kilogram beras SPHP Rp 62.000, satu liter Rp18.000, satu kilogram gula Rp 17.000, setengah kilogram bawang merah Rp 14.000, setengah kilogram bawang putih Rp 19.000, satu tray telur ayam ras Rp 55.000, dan satu kilogram ikan patin Rp 26.000.

“Gerakan pangan murah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan di sejumlah kecamatan,” tukasnya. (ahs)