Tiga Unsur Pimpinan DPRD Katingan 2024-2029 Dilantik

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah/janji terhadap tiga unsur pimpinan DPRD Kabupaten Katingan periode 2024-2029 atas nama Marwan Susanto, Nanang Suriansyah dan Wiwin Susanto, Kamis (17/10/2024), di ruang paripurna DPRD setempat.

BALANGANEWS, KASONGAN – Tiga unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik melalui rapat paripurna, Kamis pagi (17/10/2024) oleh ketua Negeri (PN) Kasongan, Nataria Cristina Triana, di ruang paripurna DPRD setempat.

Rapat paripurna itu sendiri dipimpin oleh Ketua sementara DPRD setempat, Yudea Pratidina dan dihadiri Sekda Katingan Pransang beserta jajarannya, seluruh anggota DPRD setempat, Forkopimda, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh , tokoh pemuda, pimpinan dan BUMD serta sejumlah undangan lainnya.

Selain Marwan Susanto, legislator yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya sebagai ketua DPRD periode 2024-2029, dua pimpinan lainnya yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya juga, adalah Nanang Suriansyah legislator Partai sebagai wakil ketua (waket) I dan Wiwin Susanto legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai waket II.

Atas nama unsur pimpinan DPRD Kabupaten Katingan periode 2024-2029 Marwan Susanto, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Katingan, rekan-rekan anggota DPRD setempat, Pemkab Katingan, dan seluruh undangan atas dilantiknya dirinya bersama dua unsur pimpinan DPRD lainnya. “Terpilihnya kami sebagai unsur pimpinan DPRD definitif di Kabupaten Katingan ini, adalah suatu kepercayaan dan amanah yang harus dipikul dan dijalankan di pundak kami,” kata Marwan Susanto, seraya mengaku, tidak akan ada artinya apabila dirinya tidak didukung oleh rekan-rekan anggota DPRD dan mitranya dari Pemkab Katingan serta seluruh masyarakat Katingan.

Dalam kesempatan itu pula, dirinya memohon kritik, saran dan masukan maupun dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Katingan, demi kelangsungan kinerja DPRD Kabupaten Katingan yang menjadi semangat untuk memimpin lembaga legislatif ini dalam bekerja. Sebab, nilai-nilai luhur yang harus ditegakkan dalam suatu kepemimpinan adalah, nilai kebersamaan dan hak dalam mengemukakan pendapat. Sehingga menghasilkan tujuan yang mulia, demi tercapainya suatu keputusan yang baik dan benar. “Terutama untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten yang kita cintai ini,” ujar Marwan Susanto.

Tidak mudah memang, lanjutnya, apa lagi di zaman sekarang ini, yang penuh tantangan dan hambatan. Apabila ditinjau dari berbagai aspek, baik dari segi perencanaan pelaksanaan maupun pengawasan, maka semua itu tidak akan dapat kita lakukan dengan baik tanpa adanya kesungguhan tekad dari penyelenggara Pemerintah Daerah (Pemda) dan partisipasi yang luas dari seluruh masyarakat Kabupaten Katingan. (abu)