Libatkan Keluarga dalan Perangi Narkoba

85c2305d cab8 4ea9 a774 d232f294a570

, – Berbagai cara dilakukan personel Satres () dalam memberantas dan mencegah narkoba yang dapat merusak masa depan generasi muda. Salah satunya adalah dengan melibatkan .

“Peran keluarga sangat efektif dalam mencegah penyalahgunaan narkoba sejak dini bagi anak, yakni pendidikan keluarga yang selalu memberikan kasih sayang, rasa aman, bimbingan, dan perhatian,” kata Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, melalui Kasat Narkoba Iptu Budi Utomo, Minggu (26/2/2023).

Dia mengatakan, keluarga harus bisa memberikan pendidikan agama dan akhlak kepada anak sejak dini, yang akan menjadi benteng dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Keberadaan keluarga di samping anak diyakini akan mampu mengajarkan untuk selalu behati-hati dan jangan sampai menyentuh barang haram tersebut,” ujarnya.

Selain keluarga, juga diperlukan peran orang tua dalam memerangi penyalahgunaan narkoba. Sejak dini mereka harus menjadi tenaga pendidik dalam memberikan pengetahuan terkait bahaya narkoba kepada anak.

“Orang tua sudah selayaknya bisa memberi contoh, teladan dan meluangkan waktu mendengar keluh kesah anak, sehingga akan terbangun suasana nyaman dan harmonis,” tuturnya.

Dia menambakan, kedekatan antara orang tua dan anak akan mempengaruhi arah pergaulan. Tentu hal ini bisa dijadikan sebagai deteksi dini dalam penyalahgunaan narkoba. Apabila menemukan kecurigaan, segera ambil tindakan yang bijak.

“Orang tua juga harus memberikan dukungan pada setiap kegiatan anak yang positif dan kreatif. Dengan kegiatan itu, akan membuat anak lebih disibukkan dengan kegiatan yang ditekuni,” tandasnya. (ahs)