Pemkab Gumas Segera Tangani Jalan Kabupaten

WhatsApp Image 2023 03 29 at 1.54.41 PM
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong bersama Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Kepala DPU Baryen, dan Sekretaris DPU Bambang Jaya, ketika meninjau jembatan karungen di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah, belum lama ini

, KUALA KURUN – Sejumlah ruas jalan kabupaten mengalami kerusakan yang cukup parah. Hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , demi kelancaran barang maupun jasa serta kemajuan suatu wilayah.

Beberapa ruas jalan kabupaten yang menjadi kewenangan Pemkab yakni Kurun-Sarerangan--Batu Nyiwuh-Sei Riang-Tumbang Miri, Batu Tangkoi-Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi, dan Sepang Simin-Bereng Malaka.

”Untuk ruas jalan kabupaten dari Tewah menuju Tumbang Miri akan dilakukan penanganan fungsional dan sudah dianggarkan dari pemerintah pusat, melalui alokasi khusus (DAK) serta dana Instruksi Presiden (Inpres),” ucap Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, Rabu (29/3/2023).

Selanjutnya, ruas jalan Kurun-Sarerangan-Tewah sudah dilakukan penanganan, walaupun baru pengerasan jalan. Termasuk juga ruas jalan Sepang Simin-Bereng Malaka. Kemudian ruas jalan Batu-Tangkoi Marikoi telah ditangani melalui multiyears tahun anggaran 2020-2022.

”Penanganan ruas jalan kabupaten pasti akan dilakukan, namun secara bertahap. Dengan menyesuaikan kemampuan dan ketersediaan anggaran, serta dilakukan secara adil dan merata,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gumas Baryen mengatakan, secara keseluruhan anggaran yang digelontorkan untuk penanganan jalan Tewah-Tumbang Miri mencapai Rp54 miliar lebih. Terdiri dari, Tewah-Batu Nyiwuh Rp17,2 miliar serta Batu Nyiwuh-Sei Riang Rp37,5 miliar.

”Untuk penanganan jalan Tewah-Batu Nyiwuh menggunakan DAK tahun 2023. Sedangkan Batu Nyiwuh-Sei Riang, akan ditangani dengan usulan dana Inpres penanganan jalan daerah,” terangnya.

Dia menuturkan, penanganan ruas jalan Tewah-Batu Nyiwuh sepanjang 7.409,5 meter. Dengan rincian, 3.883,5 meter akan efektif diaspal, dan 3.526 meter akan dilakukan penanganan lapis permukaan agregat tanpa penutup aspal.

”Untuk penanganan ruas jalan ini sudah dilakukan proses lelang dan dalam waktu dekat akan ada kegiatan di lapangan,” katanya.

Sedangkan ruas jalan Batu Nyiwuh-Tumbang Miri yang ditangani dengan usulan dana Inpres penanganan jalan daerah, rencananya akan dilakukan pada Bulan Juni atau Juli tahun 2023. Ini melanjutkan penanganan yang menggunakan DAK tahun 2022.

”Nantinya juga akan dilakukan penanganan tiga segmen jalan menanjak dengan konstruksi beton sepanjang 170 meter di sekitar Desa Upon Batu, ,” tukasnya. (sid)