Ini Cabang Lomba yang Diikuti Kontingen Gunung Mas pada FBIM 2023

WhatsApp Image 2023 05 19 at 12.28.44 PM
Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Asisten III Letus Guntur, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hansli Gonak, berfoto bersama dengan peserta kontingen FBIM tahun 2023, Jumat (19/5/2023)

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Kontingen Kabupaten yang akan mengikuti Festival Budaya Isen Mulang () tahun 2023 dilepas. Festival yang digelar pada 21-27 Mei ini diikuti 97 orang, terdiri dari panitia inti, koordinator seksi, pendamping, pelatih, dan peserta lomba.

”Di FBIM tahun 2023, ada 20 lomba yang dipertandingkan. Kontingen Kabupaten Gumas ikut berpartisipasi di 13 cabang lomba,” kata Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Jumat (19/5/2023).

Untuk 13 lomba yang akan diikuti yaitu karnaval budaya, manyipet, tari daerah, karungut, jukung tradisional, besei kambe, habayang, balogo, lawang sakepeng, mangaruhi, mangenta, pakasak lamang, serta pemilihan jagau dan bawi nyai Provinsi .

”Saya ingin kontingen FBIM dapat menjadi duta untuk memperkenalkan kesenian dan budaya daerah terbaik yang mengangkat kearifan lokal,” tegasnya.

Dia mengatakan, kegiatan FBIM dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Provinsi Kalteng ke-66 ini sangat positif untuk memacu prestasi para seniman dan olahragawan tradisional di tingkat provinsi.

”Saya berharap seluruh kontingen untuk menjaga selama kegiatan dan menjaga kekompakkan. Tunjukkan disiplin dan sportivitas sehingga mendapatkan prestasi terbaik,” terangnya.

Terpisah, Ketua kontingen yang juga Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kabupaten Gumas Elkewirke menuturkan, pelaksanaan FBIM bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan dalam rangka melestarikan dan menumbuhkembangkan seni, budaya, dan kepariwisataan, melestarikan olahraga tradisional masyarakat .

Lalu, memperkenalkan kearifan budaya lokal, wadah bagi seniman untuk menampilkan kreativitas, sarana promosi budaya dan pariwisata, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta sebagai kalender of event tahunan Pemprov Kalteng dalam kepariwisataan.

”Kalau sasaran dari pelaksanaan FBIM, yakni generasi muda berbakat di bidang dan olahraga tradisional, seniman dan budayawan dayak, serta tokoh yang berkompeten di bidang adat dan budaya,” tukasnya. (ahs)