Pelatihan Manajemen Puskesmas

IMG 20230822 WA0035
Plt. Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Manajemen Puskesmas, Posyandu, dan Posyandu Primer Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2023

, – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama milik pemerintah memiliki peran penting dalam sistem kesehatan , khususnya sub sistem upaya kesehatan.

Keberhasilan pelaksanaan tugas Puskesmas sangat bergantung kepada pengelolaan Puskesmas yang bermutu melalui kepemimpinan Kepala Puskesmas yang berkualitas.

Oleh sebab itu, pada Peraturan Menteri Kesehatan nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, ditetapkan bahwa dalam pengangkatan Kepala Puskesmas memenuhi persyaratan telah mengikuti Pelatihan Manajemen Puskesmas.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten melalui Bidang Pelayanan Kesehatan Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Puskesmas, Posyandu, dan Posyandu Primer Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2023 bekerjasama dengan Bapelkes (Balai Pelatihan Kesehatan) Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 21 sampai dengan 30 Agustus 2023 dengan peserta sebanyak 30 orang, acara pembukaan dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Tonun Irawaty Panjaitan, yang didampingi Kepala Bidang P2P dr. Ahmad Haspiani, Kepala Bidang Kesmas Martono,dan Plh. Kabid Yankes , serta turut hadir juga dalam acara pembukaan tersebut Kepala Bapelkes Provinsi Kalimantan Tengah Idayati.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa Pengelolaan Puskesmas yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan staf fungsional perlu mengikuti Pelatihan Manajemen Puskesmas agar mampu memahami prinsip dan konsep kesehatan serta tata kelola pelayanan kesehatan dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pendekatan terutama untuk melaksanakan Integrasi Layanan Primer di Puskesmas.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dan semua pihak yang membantu pelaksanaan pelatihan ini, yang telah berkenan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas untuk melaksanakannya semaksimal mungkin, sesuai dengan outcome yang sudah diharapkan,” jelasnya. (put)