Launching Sistem CMS untuk Pengelolaan Keuangan

Suasana kegiatan launching CMS di aula Rujab Bupati Kapuas

BALANGANEWS, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten me-launching sistem informasi Cash Management System (CMS) bekerjasama dengan PT. Bank Cabang Kuala Kapuas, bertempat di halaman Rumah Jabatan .

Sistem Informasi CMS diresmikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Romulus didampingi Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan dan Kepala Cabang Kuala Kapuas.

Pj Bupati Kapuas, dalam sambutan yang diwakili oleh Asisten I menyampaikan menjadi sebuah dukungan yang berharga bagi meningkatnya transformasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa yang tentunya menjadi harapan akan mendorong terwujudnya desa yang berkemajuan.

“Selain itu, saya berharap melalui kegiatan ini, menjadi suntikan semangat tersendiri bagi Pemerintah Desa dalam membangun Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan-pengelolaan desa yang profesional. Pemerintah Desa memiliki kewenangan untuk mengatur sumber daya yang dimiliki, untuk mencapai kesejahteraan masyarakat melalui peran-peran tersebut,” ungkapnya, Jumat (19/7/2024).

Dengan ditingkatkannya Sistem Online berbasis Website kepada seluruh desa di Kabupaten Kapuas, selaras dengan itu pula dalam rangka mempermudah pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

“Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui DPMD bekerjasama PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas menerapkan CMS yang diintegrasikan dengan aplikasi Siskeudes Online, saya mengapresiasi atas kerjasama yang diinisiasikan yang saya harap mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan desa. Tentunya implementasi ini harus kita dukung penerapan tersebut,” jelasnya.

Adapun CMS sendiri adalah layanan online melalui yang disediakan oleh Bank Kalteng untuk Pemerintah Desa agar memudahkan dalam pengelolaan keuangan pada desa masing-masing di Kabupaten Kapuas. (put)