Inovasi Layanan Disarpustaka Kapuas Tambah Jam

Para pengunjung dari peserta didik anak usia dini ke rumah betang Bukit Ngalangkang untuk melihat Pocadi, Spot Baca dan studio mini

, KUALA – Guna untuk memberikan inovasi kepada masyarakat, terutama kepada para pelajar mahasiswa yang ada di Kabupaten Kapuas, Dinas Kearsipan dan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas kembali melakukan layanan dengan menambah jam operasional.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat, dimana pihaknya sebelumnya telah diluncurkan LAPAK, Cafe , Pojok Baca Digital (Pocadi) dan Spot Baca, namun sekarang pelayanan akan ditambah.

“Jika sebelumnya Disarpustaka Kapuas tutup pukul 16.00 WIB, kini layanan diperpanjang hingga pukul 20.00 WIB pada hari kerja. Akhir pekan (Sabtu) akan buka sejak pukul 16.00 WIB, penambahan jam layanan ini hanya hari Kamis-Sabtu dan mulai berlaku kamis (3/10/2024),” ucapnya, Rabu (2/10/2024).

Kadisarpustaka menambahkan jika di rumah betang Bukit Ngalangkang kini telah tersedia studio mini berkapasitas 13 orang untuk pemutaran film atau berhibur diri (karaoke), khusus di malam minggu tersedia live musik di halaman rumah betang atau panggung setempat.

Selain penambahan jam layanan, Disarpustaka Kapuas bekerjasama dengan pihak ketiga juga menambah koleksi buku dan layanan secara digital sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi secara daring.

Dimana akhir tahun lalu Arsip RI (ANRI) telah menetapkan Nilai Indeks Tingkat Digitalisasi Arsip (NITDA) Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2023 sebesar 75,81 kategori BB (Sangat Baik).

“Saya optimis nilai dimaksud akan terus meningkat, hal ini karena kuatnya komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam digitalisasi pengelolaan arsip dan perpustakaan serta implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi (),” terangnya.

Tidak hanya itu pihaknya juga siap membantu masyarakat dalam Layanan Pengelolaan Arsip Keluarga (LAPAK). Cafe Literasi juga akan menyajikan aneka minuman kopi dan snack agar masyarakat dan pemustaka (pelajar/mahasiswa) merasa nyaman, santai dan lebih luasa berselancar di dunia maya () melalui Pocadi dan Spot Baca.(Put)