Masjid At Ta’uwun Bagikan Bubur Asyura Kepada Masyarakat

a01df016 4a93 4bd3 aced 57dc67735bfe

, – Dalam rangka memperingati 10 Muharram 1445 Hijriah, pengurus Masjid At Ta'uwun komplek kantor bagi-bagikan 1500 cob bubur asyura kepada masyarakat Kereng Humbang – Kasongan dan sekitarnya, Jum'at pagi (28/7/2023), di Masjid setempat.

Demikian kata sekretaris pengurus Masjid At Ta'uwun, H Rusdiansyah kepada sejumlah awak media, Jum'at pagi (28/7/2023).

ADE S

Bulan Muharram menurut H Rusdiansyah merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Bulan ini dirayakan sebagai pergantian tahun bagi umat muslim. Sehingga umat muslim menyambut Muharam ini sebagai bulan yang istimewa dengan melakukan berbagai tradisi. “Selain melaksanakan , juga membagi-bagikan bubur asyura di hari ke 10 bulan Muharam,” kata H Rusdi.

Seperti yang kita saksikan bersama pada hari ini, Jum'at 10 Muharam 1445 H yang bertepatan pada tanggal 28 Juli 2023 M, Masjid At Ta'uwun dalam merayakan hari asyura ditandai dengan puasa sunah asyura. “Kemudian, pada pagi harinya kami membagi-bagikan 1500 cob bubur asyura kepada para jamaah dan masyarakat di masjid dan sekitarnya,” ujar H Rusdi.

Bubur asyura menurutnya, berasal dari beras yang dimasak dengan air santan dan berbagai macam jenis ditambah dengan racikan ayam yang dimasak bersama.

Bubur asyura sendiri, lanjutnya, ternyata tidak hanya menjadi tradisi semata dalam menyambut Tahun Baru Islam, namun sebagai bentuk rasa syukur manusia atas keselamatan yang selama ini diberikan oleh Allah SWT.

Dan, terkait dengan memasak dan membagi-bagikan bubur asyura dimaksud, menurut atau asal usulnya, kata PNS di Kemenag Katingan ini, “ternyata sudah ada sejak masa Nabi Nuh AS kala bersama kaumnya yang beriman selamat dari banjir besar dengan menaiki perahu,” terangnya. (abu)Â