Asisten I Hadiri Lomba Manasik Haji Massal

94a34106 02c7 42bb 956e 0e246b06f654

BALANGANEWS, – Asisten I Setda , H Hariawan hadiri lomba tahun 1445 Hijriah/2023 Masehi, Sabtu pagi (12/8/2023), di halaman sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) .

Pesertanya berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Katingan, diantaranya Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Alqur’an/TPA, Sekolah Dasar (SD)/Madrasyah Ibtidiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas (SMP)/Madrasah Aliyah, remaja Masjid dan musholla, baik berstatus negeri maupun swasta.

Dalam lomba ini, selain diberikan piala bagi pemenangnya, juga diberikan sejumlah hadiah menarik. Selain itu, peserta juga diberikan berbagai macam peralatan rumah tangga sebagai doorprizenya. Seperti mesin cuci, kulkas, kipas angin, kompor gas, setrika dan lain sebagainya.

Hadir dalam kegiatan lomba tersebut, selain ribuan peserta, juga kepala Kemenag Provinsi Kalteng, kepala kantor Kemenag Kabupaten Katingan, Forkopimda, ketua, waket I dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () setempat, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), sejumlah tokoh agama dan ribuan pengunjung.

Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Asisten I Setda setempat, H Hariawan dalam pengakuannya, sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara atas digelarnya kegiatan tersebut. “Karena, kegiatan yang bersifat keagamaan ini sangat bermanfaat bagi anak didik kita pada khususnya, dan bagi masyarakat kita pada umumnya,” kata H Hariawan.

Adapun manfaat yang didapat dalam lomba ini menurutnya, salah satunya adalah memahami tata cara ibadah haji dan dapat pula menumbuhkan semangat haji sejak usia dini. “Karena, pada umumnya umat Islam mendapat bimbingan manasik haji jika yang bersangkutan akan menunaikan ibadah haji,” terangnya.

Tujuan lainnya dari kegiatan ini, menurut mantan kepala Dinas Perindustrian, dan Tenaga Kerja ini adalah, sebagai wahana pembinaan manasik haji bagi umat Muslim secara umum meskipun bukan sebagai Calon Jema’ah Haji (). “Selamat mengikuti dan jaga sportivitas,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan media di lapangan, lebih dari 1000 peserta dengan menggunakan pakaian serba putih baik siswa maupun siswi, setelah diresmikan pembukaannya oleh kepala Kemenag Provinsi Kalteng, mereka langsung melakukan perjalanan menuju halaman kantor Kemenag Kabupaten Katingan yang tidak jauh jaraknya dari sekretariat LPTQ untuk melaksanakan. Wukuf dan melontarkan jumroh.

Usai jumroh, dengan antusias pula mereka melakukan tawaf di sekitar bangunan Ka’bah buatan yang berada di depan kantor Kemenag tersebut. Terakhir, mereka melaksanakan syaikh (potong ). (abu)