Wabup Imbau Pelajar Gunakan Masker

WhatsApp Image 2023 09 08 at 1.47.59 PM
Wakil Bupati (Wabup) Katingan, Sunardi N.T Litang

, KASONGAN – Di yang sudah beberapa bulan ini, titik api sudah mulai bermunculan. Bahkan dari beberapa titik api tersebut ada pula yang sudah mulai membesar, dan alhamdulillah semuanya berhasil dipadamkan oleh instansi terkait yang dibantu pula oleh puluhan aparat lainnya. Kendati bisa diadamkan, namun dari beberapa kebakaran tersebut, tentu saja menimbulkan asap.

Kejadian tersebut menurut Wakil Bupati (Wabup) Sunardi NT Litang, jika tidak segera kita tindaklanjuti, bukan hanya merugikan barang dan benda berharga saja, tapi juga akan berdampak terhadap masyarakat. “Karena, semakin banyak kebakaran akan semakin banyak pula asap yang melayang-layang di udara yang termasuk di wilayah Kabupaten Katingan,” kata Sunardi kepada sejumlah awak media, Jum’at (8/9/2023).

Dari asap itulah menurutnya, akan mendatangkan berbagai penyakit bagi tubuh manusia. “Oleh karena itu bagi pelajar yang sedang menuntut ilmu di sekolah, sebaiknya menggunakan masker,” imbau orang nomor dua di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Selanjutnya, kepada tenaga medis baik yang bertugas di Puskesmas maupun di Pustu-Pustu agar menyediakan stok obat-obatan. Sehingga, ketika ada pasien yang berobat bisa sesegera mungkin untuk diberikan pelayanan kesehatannya. “Salah satu obat lantaran asap ini biasanya obat infeksi saluran pernapasan akut atau dan ,” sebutnya.

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya lagi, dirinya mengajak kepada masyarakat di masing-masing Kecamatan agar menjaga di tempat tinggalnya masing-masing. Jika melihat titik api sekecil apapun agar segera memadamkannya. Dan jika sulit memadamkan sendiri, secepatnya pula meminta bantuan kepada tetangga atau masyarakat lainnya. “Bisa pula menghubungi personil atau Damkarmat,” pungkasnya. (abu)