Bupati Salurkan  BLT Penanganan Dampak Inflasi Kepada 1.200 KPM

WhatsApp Image 2023 09 11 at 5.04.24 PM (1)
Bupati Katingan, Sakariyas menyerahkan BLT dampak inflasi secara simbolis kepada masing-masing KPM, Senin pagi (11/9/2023), di ruang Unit Kas Bank Kalteng cabang Kasongan

BALANGANEWS, – Bupati Katingan, Sakariyas salurkan Bantuan Langsung Tunai () Penanganan Dampak Inflasi kepada 1.200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tujuh Kelurahan yang tersebar di beberapa wilayah Kecamatan di , Senin pagi (11/9/2023), di ruang Unit Pelayanan Kas cabang Kasongan, jalan Revolusi – Kasongan.

Ketujuh kelurahan tersebut, diantaranya Kelurahan Kasongan Baru, Kelurahan Kasongan Lama, Kelurahan Pegatan Hilir, Kelurahan Pegatan Hulu, Kelurahan Pendahara, Kelurahan Samba Kahayan dan Kelurahan Tumbang Sanamang.

Bupati Katingan, Sakariyas dalam sambutannya mengatakan bahwa, pemberian BLT ini sebagai bentuk intervensi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan atas Inflasi yang terjadi, terutama pada penduduk yang berpenghasilan minim, sehingga dapat membantu daya beli kebutuhan dasar.

Selain itu, BLT dampak inflasi ini pemerintah menurutnya, juga telah memperlihatkan kepedulian dengan memberikan bantuan berupa program Keluarga Harapan dan Bantuan Non Tunai yang lazim disebut PKH dan BPNT. Ada sebanyak 9.553 KPM Penerima Bantuan PKH dan sebanyak 13.088 KPM Penerima Bantuan Pangan Non Tunai yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Katingan.

Selanjutnya, BLT ini menurutnya hanya diberikan kepada Sebagian kecil masyarakat kita yang sebelumnya dilakukan pendataan dan yang menerima adalah mereka yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan (DTKS). “Sehingga dianggap lebih layak dan patut untuk mendapatkan BLT dimaksud,” kata orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Kemudian dirinya menyebutkan 1.200 KPM yang akan menerima BLT dimaksud, yaitu sebesar Rp500.000, dengan asumsi Rp250.000 x 2 bulan yakni untuk bulan September dan Oktober 2023. “Dengan disalurkannya BLT penanganan dampak inflasi ini, saya berharap yang diterima melalui rekening Bank Kalteng cabang Kasongan ini dapat ditarik dan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” harap mantan pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan ini.

Di tempat yang sama, kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Katingan, Elmon Siantury dalam sambutannya menjelaskan tentang tata cara pemakaiannya atau pengambilannya, yaitu dengan menggunakan rekening tabungan Bank Kalteng cabang Kasongan yang diterbitkan ke masing-masing KPM. “Kami sengaja bekerjasama dengan Bank Kalteng cabang Kasongan untuk menyerahkannya BLT tersebut,” kata Elmon.

Perlu kita ketahui bahwa BLT ini menurut Elmon, berdasarkan kemampuan keuangan daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. “Maksudnya, dana untuk BLT ini merupakan dana yang dianggarkan melalui Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 sesuai kemampuan Pemkab Katingan,” ujarnya. (abu)