Semua Cakades Agar Komitmen dengan Ikrar yang Ditandatanganinya

Whatsapp Image 2023 10 09 At 3.27.25 Pm
Ratusan Cakades dari puluhan desa-desa yang akan berkompetisi dalam Pilkades serentak tahun 2023, hadir dalam kegiatan ikrar pilkades damai, Senin (9/10/2023) di Gedung Salawah - Kasongan

, – Pj Bupati , Syaiful minta kepada semua calon Kepala Desa () yang berkompetisi dalam pemilihan kepala desa () serentak pada Oktober 2023 ini agar komitmen dengan ikrar yang dibacakan dan ditandatanganinya.

Penegasan ini diungkapkannya dalam sambutan dan arahannya pada kegiatan ikrar Pilkades damai yang dihadiri ratusan Cakades di sembilan wilayah Kecamatan yang ada di , Senin pagi (9/10/2023), di gedung serbaguna Salawah – Kasongan.

Komitmennya itu menurutnya dari tahapan awal yakni sejak Juli hingga di tahapan pencoblosan pada 26 Oktober 2023, mendatang, bahkan pada sampai di bulan Desember 2023 yang akan datang. Sehingga, Pilkades yang kita laksanakan secara serentak pada tahun 2023 ini dapat berjalan lancar, aman, tertib dan dapat dipertanggung jawabkan. “Baik secara moral maupun materiil di hadapan manusia maupun di hadapan Tuhan yang maha kuasa,” kata Syaiful.

Selanjutnya, dalam melaksanakan berbagai tahapan Pilkades ini, dirinya juga berharap adanya kerjasama yang baik dari semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan maupun pengamanan Pilkades serentak di bumi Penyang Hinje Simpei ini. “Sehingga, semuanya berjalan baik, lancar dan kondusif,” harapnya.

Kemudian, dirinya menyebutkan jumlah desa yang menggelar Pilkades serentak pada tahun 2023 ini, yakni berjumlah sekitar 37 desa dari 9 wilayah Kecamatan di Kabupaten Katingan.

Sedangkan waktu tahapannya dimulai sejak 3 Juli 2023 yang lalu sampai dengan Desember 2023 yang akan datang. “Sementara pelaksanaan pemungutan suaranya pada tanggal 26 Oktober 2023 mendatang,” sebutnya, seraya menjelaskan, sebelum memasuki ke tahap pencoblosan di dahului pula dengan tahap kampanye yang dilaksanakan sejak Selasa besok (10/10/2023) hingga 22 Oktober 2023 mendatang.

Terkait dengan tujuan digelarnya ikrar Pilkades damai ini menurutnya untuk menciptakan suasana damai, aman dan tenteram sebelum memasuki ke tahapan kampanye.

Turut hadir di dalam kegiatan tersebut, selain ratusan calon kepala desa (Cakades) dari puluhan Desa yang bakal menggelar Pilkades, juga sejumlah kepala Organisasi Perangkat Desa (OPD) lingkup Pemkab setempat, , Anggota DPRD setempat, sejumlah Camat dan sejumlah undangan lainnya. (abu)