Ratusan Massa Serbu KPU Katingan

Whatsapp Image 2023 10 18 At 5.26.15 Pm
Situasi ratusan massa saat ingin menyerbu kantor KPU Kabupaten Katingan, namun dapat dihalau oleh puluhan aparat keamanan dari Polres Katingan bersama TNI dari Kodim 1019 Karltingan dan Satpol PP Katingan dalam simulasi yang digelar Polres Katingan, Rabu pagi (18/10/2023), di depan halaman kantor KPU setempat

BALANGANEWS, – Ratusan massa yang dikerahkan oleh calon yang merasa kecewa serbu kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan membawa berbagai atribut spanduk, baliho bahkan senjata tajam dan senjata api dan berbuat anarkis, tidak tanggung – tanggung massa bahkan menyandera salah satu anggota KPU Kabupaten Katingan.

Namun berhasil dihalau dan diamankan anggota Polres Katingan bersama dari 1019 Katingan, Rabu pagi (18/10/2023).

Ratusan masa yang mendatangi KPU Kabupaten Katingan tersebut ternyata hanya simulasi dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum 2024 di wilayah Kabupaten Katingan oleh Polres Katingan yakni kegiatan Sispam Kota Operasi Mantap Brata Talabang 2023-2024 hal ini dilakukan untuk melatih kesiapan personil atau anggota Kepolisian apabila terjadi gangguan, hambatan dan ancaman keamanan saat pelaksanaan 2024 mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful yang juga hadir dan menyaksikan simulasi tersebut mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan memberikan apresiasi kepada Polres Katingan yang menyelenggarakan kegiatan simulasi Sispam Kota Operasi Mantap Brata Talabang 2023-2024 ini.

“Ini merupakan gambaran apa yang dilakukan apabila ada hal – hal yang sifatnya mengganggu dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 ini juga merupakan penanaman kesiapsiagaan dari seluruh aparat baik Polres Katingan, TNI, , Linmas yang nantinya akan melaksanakan tugas saat Pemilu dilaksanakan”, kata Pj Bupati Katingan, Saiful di halaman Kantor KPU Katingan, Rabu (18/10/2023).

Menurut Saiful apa yang dipertunjukan dalam simulasi ini mungkin saja bisa terjadi nantinya namun diharapkan Pemilu nanti berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan karena para peserta kontestan Pemilu, penyelenggara juga telah melaksanakan ketentuan sesuai aturan yang ada dengan harapan Pemilu berjalan lancar, aman dan sukses.

Lanjut Saiful dirinya berharap kepada jajaran aparat keamanan yang diterjunkan dalam pengamanan Pemilu 2024 kesiapsiagaan, pemikiran, fisik dan lainnya secara konsisten terus secara konsisten dijaga karena dalam pengamanan ini aparat keamanan merupakan ujung tombak apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

“Di dalam pesta Demokrasi apabila ada perilaku – perilaku dari masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada maka lakukan hal persuasif atau pendekatan terlebih dahulu karena mereka juga merupakan dari bagian masyarakat kita, kerabat kita. Apabila hal – hal yang sifatnya represif maka itu menjadi pilihan terakhir dilakukan apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan karena kita ingin Bumi Katingan ini Bumi yang tentram, damai, aman,” pesan Saiful.

Sementara itu AKBP I Gede Putu Widyana SH SIK mengatakan saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu 2023-2024 dan Pemilu ini digadang – gadang sebagai Pesta Demokrasi terbesar selama sejarah Republik ini berdiri dan konsekuensinya merupakan pekerjaan terberat karena harus dilakukan diseluruh wilayah Indonesia secara serentak.

“Kita sebagai personil pengamanan harus benar – benar mempersiapkan diri baik secara fisik, sarana prasarana, karena keberhasilan dan kemenangan membutuhkan kesiapan. Saat ini kita melaksanakan latihan Sistem Pengaman bagaimana menghadapi setiap instalasi yang terjadi, apabila nantinya diperlukan semuanya sudah siap, apabila ada hal – hal yang kurang maka kita laksanakan evaluasi dengan cepat sesuai dengan tugas kita,” ungkap Kapolres Katingan. (abu)