Penyewa Lapak Kuliner Jangan Berurusan Dengan Calo

Di kawasan ini yang bakal dibangun puluhan lapak kuliner yang termasuk bagian dari kawasan Sport Center yang dikelola oleh Disbuparpora Kabupaten Katingan

, KASONGAN – Lapak yang sedang dibangun oleh Dinas , , Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Kabupaten yang ada di sekitar kawasan lapangan Sport Center Kereng Humbang itu setelah selesai nanti memang akan disewakan oleh Disbudparpora setempat.

“Namun, calon penyewa lapak jangan berurusan dengan calo atau makelar, tapi langsung datang ke kantor Disbuparpora,” kata Plt kepala Disbudpapora setempat, Kalpin yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum'at (5/7/2024), di ruang kerjanya.

Sedangkan biaya sewa perbulannya menurut Kalpin, sudah diatur di dalam Peraturan Bupati (Perbup). Sehingga, ketika ada masyarakat yang berminat untuk menyewa lapak kuliner tersebut, sebaiknya datang langsung ke kantor Disbudpapora setempat untuk menanyakan nilai sewa perbulannya.

“Begitu pula pembayarannya, langsung dibayar di kantor kepada yang berwenang menerimanya,” tegasnya.

Selanjutnya bagi penyewa, ketika sudah menempati lapak tersebut nantinya, dilarang untuk merubah, menambah atau memperbesar lapak tersebut. Termasuk memasang atap bagian atas. Hal ini demi kerapian dan keasrian serta keseragaman antara lapak yang satu dengan lapak-lapak lainnya.

Kemudian, bagi penyewa selain selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar lapak tersebut, dirinya juga mengingatkan, saat membuang , buanglah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang sudah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang berada di sekitar lapak tersebut.

“Ini semua demi menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan kita bersama,” ingat pria yang masih menjabat sebagai saf akhli Bupati ini.

Selanjutnya, sehubungan dengan tengah dibangunnya lapak kuliner tersebut, dirinya meminta kepada seluruh yang berjualan di sekitar Sport Center tersebut, untuk sementara ini diminta bergeser dulu dari lahan yang akan dibangun lapak kuliner di lahan tersebut.

“Tujuannya, demi kelancaran lapak kuliner tersebut. Ketika sudah selesai (rampung) pembangunan lapak kuliner, kami akan fasilitasi lagi dengan kontainer, satu unit per lapak,” ujar pria yang masih menjabat sebagai staf akhli ini. (abu)