Kebutuhan Masyarakat Dapil II Masih Infrastruktur Jalan

Whatsapp Image 2023 11 13 At 6.59.41 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Firdaus, ST

BALANGANEWS, – Kebutuhan masyarakat , khususnya di daerah pemilihan (dapil) II, yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan saat ini masih sama dengan tuntutan mereka beberapa tahun yang lalu.

Hal ini sesuai dengan aspirasi yang disampaikan oleh sebagian besar masyarakat setempat kepada Anggota , Firdaus, ST, saat dirinya melakukan kunjungan ke empat wilayah Kecamatan di dapil II tersebut dalam rangka reses terakhir pada tahun 2023, pekan lalu.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Firdaus ST, saat dikonfirmasi, Senin pagi (13/11/2023) tadi, di ruang loby DPRD setempat, kepada sejumlah awak media mengatakan, masih banyak ruas jalan di empat wilayah Kecamatan di bagian hilir tersebut yang perlu dibangun, dibenahi dan ditingkatkan. “Sehingga, masyarakatnya dalam melakukan berbagai aktivitasnya lancar dan nyaman” kata Firdaus.

Diantaranya, ruas jalan dari desa ke satu desa lainnya, ruas jalan dari desa menuju ke ibukota Kecamatan dan dari ibukota Kecamatan ke ibukota Kabupaten Katingan. “Jika semua ruas jalan tersebut dapat terealisasi, tentu saja masyarakatnya lebih lancar dan dalam beraktivitas,” ujarnya.

Pasalnya, di dapil II ini, utamanya di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai sebagian besar masyarakatnya menurutnya, pekerjaan yang dapat diandalkan untuk menopang hidupnya hanya dari hasil , perkebunan dan saja. Sehingga, ruas jalan darat sangat dibutuhkan untuk mendagangkan hasil pekerjaannya tersebut ke luar wilayah Kecamatan.

Sehubungan dengan itulah, mumpung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah () tahun anggaran 2024 saat ini sedang dalam pembahasan, tim anggaran Pemkab Katingan berkenan untuk mengusulkan anggarannya, guna pembukaan ruas jalan, perbaikan, peningkatan dan pengaspalan sejumlah jalan yang menjadi kebutuhan masyarakat di empat wilayah Kecamatan tersebut. “Sehingga, masyarakat setempat dapat melakukan aktivitas penjualan hasil pertanian, perkebunan dan perikanannya lancar,” harap legislator Partai Amanat Nasional () ini.

Dengan lancarnya aktivitas mereka, lanjutnya, tentu saja berdampak terhadap meningkatnya penghasilan masyarakat di empat wilayah Kecamatan tersebut.

“Dampak positif lainnya, bukan hanya dapat meningkatkan taraf hidup kesejahteraan mereka saja, tapi juga berdampak terhadap menurunnya tingkat kemiskinan di daerah Kabupaten Katingan,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan II ini. (abu)