Berharap Arus Mudik Jelang Nataru Aman dan Lancar

Whatsapp Image 2023 12 12 At 1.51.12 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono

, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , Rudi Hartono, berharap arus dalam rangka Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 1 Januari 2024 mendatang berjalan aman dan lancar.

Harapannya ini dikatakannya kepada sejumlah awak media, Rabu pagi (12/12/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Untuk memperlancar dan amannya berkendaraan saat mudik, baik menggunakan roda empat maupun roda dua di situasi saat ini, dirinya mengingatkan kepada para pengendara agar selalu berhati- hati saat menjalankan kendaraannya.

“Biar lambat asal selamat di perjalanan, hingga sampai ke tujuan,” kata Rudi.

Karena, di situasi jelang Nataru saat ini menurutnya pegawai kantoran, baik maupun karyawan swasta mengalami libur selama beberapa hari. Sehingga mereka dapat menggunakan waktu libur tersebut untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing, dalam rangka bersilaturahmi dengan besarnya untuk memeriahkan Nataru dan lain sebagainya.

“Sehingga, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri agar berhati-hati saat menjalankan kendaraannya,” ingatnya.

Yang perlu diperhatikan pula sebelum kita berangkat menjalankan kendaraannya menurutnya, selain memeriksa kondisi kendaraan yang akan kita pakai, seperti kekencangan ban, air radiator, dan seluruh peralatan yang wajib kita bawa mudik. “Sehingga, ketika terjadinya aral di tengah perjalanan, kita selalu siap untuk mengantisipasinya,” pesannya.

Di samping itu, lanjutnya, mempersiapkan Surat Izin Mengendara (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) beserta bukti yang masih berlaku. Jika menggunakan kendaraan roda dua, jangan lupa memakai helm, sedangkan jika menggunakan kendaraan roda empat jangan lupa memasang sabuk pengaman.

“Sehingga, di perjalanan nanti bisa aman dan lancar, berkat sebelumnya semua kewajiban sudah dipersiapkan,” ujar mantan jurnalis ini.

Selanjutnya, kepada Dinas Perhubungan dan Perikanan (Dishubkan) Kabupaten Katingan agar menurunkan personilnya di beberapa titik rawan kecelakaan (laka) untuk mengatur alur lalulintas, bekerjasama dengan satuan lalulintas (Satlantas) dan aparat lainnya.

“Tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik jelang Nataru ini,” harap legislator parpol berlambang pohon beringin ini. (abu)