DPRD Soroti Jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Marikit

Whatsapp Image 2024 01 21 At 9.22.09 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto, saat meninjau ruas jalan di perbatasan antara Kecamatan Marikit dengan Desa Beban Kecamatan Katingan Kuala, Minggu (21/1/2024) siang

BALANGANEWS, – Anggota Kabupaten , Sugianto soroti beberapa tutik kerusakan jalan trans Kalimantan yang berada di perbatasan antara Kecamatan Marikit dengan Desa Tumbang Beban Kecamatan Katingan Hulu.

“Jalan tersebut rusak parah. Sehingga sebagian besar masyarakat setempat sangat sulit untuk hilir melalui jalan tersebut,” kata Sugianto kepada sejumlah awak media, Sabtu (20/1/2024) kemarin, seraya menyebutkan ada sekitar 100 meter badan jalannya yang mengalami kerusakan.

Padahal ruas jalan tersebut menurutnya bukan hanya dibutuhkan oleh masyarakat Kecamatan Marikit dan Katingan Hulu saja, tapi dibutuhkan juga oleh pengendara lainnya, baik masyarakat dari beberapa wilayah Kecamatan yang ada di maupun yang berada di luar daerah Kabupaten lainnya.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Gara-gara rusaknya jalan tersebut, harga sembako dan komoditi lainnya meningkat drastis, dengan alasan biaya angkutnya bertambah,” terangnya.

Jalan yang juga bisa menuju ke Provinsi Kalimantan Barat () itu menurut legislator PKB ini, sebenarnya sudah pernah beberapa kali diusulkan melalui musyawarah perencanaan (Musrenbang) baik di tingkat Kabupaten maupun Musrenbang di tingkat Kecamatan dengan maksud, dinas yang bersangkutan bisa menyampaikannya ke Pemerintah Provinsi Kalteng, namun tidak ada tanggapan sama sekali dari OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan.

Kendati sudah beberapa kali disampaikan, namun dirinya tetap berharap kepada Pemerintah Provinsi Kalteng melalui dinas yang menangani masalah jalan trans Kalimantan agar bisa meninjau langsung ke ruas jalan yang mengalami kerusakan tersebut. Begitu pula, kepada dinas terkait yang ada di bisa menyampaikannya ke Pemerintah Provinsi Kalteng.

“Sehingga, bisa ditangani lebih lanjut,” harapnya.

Permintaan ini menurutnya merupakan aspirasi dari masyarakat setempat yang disampaikannya kepada dirinya, agar bisa menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng melalui dinas terkait di lingkup Pemkab Katingan.

“Oleh karena itu, saya sampaikan lagi untuk yang kesekian kalinya. Semoga, tersampaikan,” ujar anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)