Melimpahnya Durian di Kasongan: Harga Mulai Rp10.000

, – Kasongan, ibukota dalam dua pekan terakhir ini dibanjiri buah durian. Sedangkan harganya mulai dari Rp10.000 hingga Rp40.000 rasanya lezat dan gurih.

Mama Devi, seorang buah musiman yang setiap musim buah durian di bahu – Kasongan, saat di konfirmasi, Jum’at sore (2/2/2024) kemarin, kepada sejumlah awak media membenarkan bahwa durian yang dijualnya kepada konsumen dari harga Rp10.000 hingga Rp40.000 perbiji. “Tergantung besar kecilnya buah durian,” katanya.

Sebulan yang lalu harganya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp60.000 perbiji. Sekarang hanya dengan kisaran antara Rp10.000 hingga Rp40.000 perbiji. Karena, sekarang menurutnya, di samping buahnya kian hari semakin , pedagangnya pun kian hari semakin bertambah. “Sehingga, membuat harga durian asli Kasongan ini semakin menurun,” akunya.

Kalau sebulan yang lalu bisa meraup laba antara Rp300.000 hingga Rp400.000 perhari, kini menurutnya hanya dengan kisaran antara Rp100.000 hingga Rp150.000 saja perhari. Bahkan, kalau sebelumnya hanya berdagang durian saja, kini harus ditambah dengan dagangan lainnya, seperti buah manggis dan buah tanggo serta buah lainnya

Dengan berkurangnya pembeli, lanjutnya, bukan saja keuntungan atau laba yang didapat perharinya berkurang, tapi banyak pula durian yang dijualnya tersisa sampai dua hari hingga se pekan. Karena ada sebagian yang tidak laku, dan dikhawatirkan membusuk, maka untuk menyelamatkannya terpaksa dibikin tempuyak dan dodol durian. “Itupun tetap tidak selaris durian. Karena, pembelinya atau konsumennya sebagian besar hanya orang dari luar daerah,” terangnya.

Adapun jenis-jenis buah durian yang dijual oleh Mama Devi ini sebagian besar sama dengan jenis-jenis durian yang didagangkan sebagian besar pedagang musiman di Kasongan.

“Diantaranya, durian jenis mentega, otek undang, sebagian gelapir dan jenis lainnya, yang kesemuanya terkenal kelezatannya,” ujar ibu dua anak ini. (abu)