Prioritaskan Aspek Pencegahan Dalam Penanggulangan Kebakaran

, – Prioritaskan aspek pencegahan dalam penanggulangan . Demikian ungkap Pj Bupati , Saipul saat mengawali sambutan tertulisnya pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) ke 105, yang dibacakan Sekda Katingan, Pransang, Jum’at pagi (8/3/2024), di halaman kantor Bupati Katingan.

Maksudnya menurut Pransang, petugas tidak hanya bekerja pada saat terjadinya musibah kebakaran saja, tapi juga mampu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, serta melibatkan masyarakat dalam program penanggulangan kebakaran.

Dengan demikian, dirinya berharap kepada kantor/dinas teknis yang menangani urusan Damkarmat untuk senantiasa mendorong dan mendukung peningkatan kapasitas aparatur Damkar agar secepatnya dapat tersertifikasi.

“Minimal kualifikasi pemadam I yang merupakan keterampilan dasar langsung yang perlu dimiliki,” harapnya.

Selanjutnya, dirinya menekankan kepada Damkarmat agar terus menjadi pengayom masyarakat yang profesional dan kompeten, meningkatkan integritas dan kualitas dalam pelayanan publik.

“Laksanakan tugas dan jalankan fungsi dengan tulus untuk mewujudkan rasa tertib, tentram dan berikan rasa aman kepada masyarakat,” tegasnya, seraya mengucapkan Dirgahayu ke 105 Damkarmat, Dirgahayu ke 74 Satpol PP dan Dirgahayu ke 62 Satlinmas.

Akhir dari sambutannya dirinya berucap, bersama kita jadikan peringatan HUT Damkarmat ke 105, Satpol PP dan Linmas ini sebagai momen refleksi bagi fungsi dan pelayanan kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada bangsa dan negara.

“Terkhusus bagi Kabupaten Katingan,” tuturnya, seraya mengucapkan rasa bangga kepada seluruh jajaran Damkarmat, yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas serta senantiasa mengedepankan visi utama pemadam kebakaran.

Sekadar diketahui, upacara yang dipimpin langsung oleh Sekda Katingan Pransang ini diikuti oleh Kasat Pol PP dan Damkarmat Pimanto beserta seluruh personil Satpol dan anggota Damkarmat, sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab setempat, jajaran , 1019/Katingan serta sejumlah . (abu)