Dewan Minta OPD Tidak Menunda-Nunda Kegiatan

Whatsapp Image 2023 11 24 At 4.40.50 Pm
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono

BALANGANEWS, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten , Rudi Hartono minta kepada masing-masing Organisasi (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan agar tidak menunda-nunda kegiatan pekerjaan pembangunan yang sudah diprogramkan dan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah () tahun anggaran 2024. Permintaan ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Sabtu (27/4/2024).

Karena jika ditunda-tunda menurut Rudi, dikhawatirkan banyak kegiatan pembangunan yang sudah diprogramkan di Kabupaten Katingan ini yang akan mengalami keterlambatan penyelesaiannya.

“Kalau terlambat selesainya, dampaknya masyarakat akan terlambat pula menikmatinya,” katanya, seraya menyebutkan salah satu contoh kegiatan , yakni kegiatan pembangunan jalan.

Bahkan menurutnya bukan itu saja, tapi akan terdampak pula terhadap keterlambatan penyerapan anggaran dan bisa tidak tercapainya target pekerjaan yang ingin dicapai di akhir triwulan atau pun di akhir tahun nanti.

“Misalnya, target pencapaiannya di triwulan kedua sekitar 50 persen, tapi lantaran keterlambatan di tahapan atas, misalnya terlambat lelang ataupun terlambat melakukan pekerjaan dari rekanan pemenang tender, sehingga berdampak pula terhadap keterlambatan pekerjaan,” ujar legislator berlambang pohon beringin ini.

Terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang Ciptakarya di Pemkab Katingan, seperti yang diberitakan di media ini beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa di bidang tersebut, dari 41 paket yang ada semuanya sudah dilakukan pelelangan.

“Sehingga bisa lebih cepat pula selesainya pekerjaannya oleh rekanan pemenang tender nanti,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan hingga Bukit Raya ini, seraya memberikan apresiasi kepada bidang Ciptakarya Dinas PUPR setempat. (abu)