73 Utusan dari Berbagai Sekolah Diberikan KMD 2024

BALANGANEWS, – Sebanyak 73 orang utusan dari berbagai sekolah di diberikan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) tahun 2024 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan, bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Katingan, Senin sore (13/5/2024), di aula Kabupaten Katingan, yang dibuka langsung oleh kepala Disdik setempat, Feriso.

Tujuannya, untuk membentuk setiap anggotanya memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Kepala Disdik Kabupaten Katingan, Feriso dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan (Permendikbud) RI nomor 12 tahun 2024, pendidikan kepramukaan merupakan salah satu kegiatan pilihan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan menengah.

“Sedangkan pelaksanaannya menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, kecintaan alam dan kemandirian pada peserta didik,” kata Feriso.

Di samping itu gerakan Pramuka menurutnya, juga merupakan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda di Indonesia.

“Sedangkan anggota muda gerakan Pramukanya, terdiri atas Pramuka Siaga, Penegak dan Pandega yang berkedudukan sebagai peserta didik,” kata Feriso.

Adapun tugas pokok gerakan Pramuka ini menurutnya, di samping menyelenggarakan pendidikan bagi kaum muda juga sangat berguna untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik.

“Serta bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan kemerdekaan ,” jelasnya.

Akhir dari sambutannya, dirinya berharap kepada semua peserta dapat mengikuti dan belajar sebaik-baiknya dalam kegiatan ini, dengan harapan setelah pelaksanaan KMD ini terjadi perubahan dalam meningkatkan kegiatan Pramuka yang lebih berkualitas di sekolah dan di Kecamatannya masing-masing.

Di tempat yang sama, sebelumnya, kepala bidang (Kabid) Pembinaan SMP, Adi Chandra Masri dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan yang menggunakan waktu selama tiga hari ini, berjumlah sekitar 73 orang.

“Terdiri dari utusan jenjang SMP sebanyak 68 orang, SMA sebanyak 3 orang dan SD sebanyak 2 orang,” sebutnya.

Sedangkan narasumber yang menyampaikan materi menurutnya, selain kepala Disdik setempat Feriso, juga dari ketua Kwarcab Katingan Muhammad Taufik, dari Pusdiklat Tunas Bartuah Provinsi Kalteng sebanyak 2 orang dan dari tim Pusdiklatcab Salundik Sawang Kabupaten Katingan sebanyak 7 orang. (abu)