Tidak Ada Yang Tidak Mungkin, Golkar Berkoalisi dengan PDIP

Waket I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah bersama Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto saat bersamaan mendaftar sebagai Bacabup di PDI Perjuangan, belum lama ini

, KASONGAN – Tidak ada yang yang tidak mungkin, kalau berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengusung calon (Paslon) kandidatnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) pada tahun 2024 ini.

Pernyataan ini diungkapkan oleh wakil ketua (Waket) I Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah, kepada sejumlah awak media, usai dirinya mendaftar secara resmi sebagai bakal calon Bupati (Bacabup) Katingan pada pemilu kepala daerah (Pilkada) 2024, di PDI Perjuangan, yang diterima langsung oleh ketua DPC PDI Perjuangan Sakariyas, di sekretariat DCP PDI Perjuangan setempat, belum lama ini.

Sebaliknya, untuk penerimaan berkas yang sudah mendaftar ke Partai Golkar sebagai Bacabup menurut Nanang, yang juga ketua Partai Golkar Kabupaten Katingan ini, selain dirinya sendiri, juga ada beberapa orang, baik dari anggota DPRD setempat seperti Rudi Hartono dari Partai Golkar, Winda Natalia dari Partai maupun dari non partai, seperti Empas S Umar mantan pimpinan Bank cabang Kasongan dan Drs H Suhaemi salah satu staf akhli di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Ir Ahmad Rubama mantan asisten II dan Nike Kamanto.

Sesuai dengan mekanisme Partai Golkar, seluruh pendaftar yang menyerahkan dokumen persyaratannya ke sekretariat Partai Golkar Kabupaten Katingan menurutnya sudah ditindaklanjuti.

“Jika sampai waktunya nanti, seluruh dokumen yang kami terima itu, akan kami serahkan ke DPD Partai Golkar Provinsi Kalteng,” ujarnya.

Meski demikian, untuk menentukan siapa yang berhak menjadi bakal calon (Balon) nomor satu dan nomor dua yang akan diusung sebagai kandidat di Pilkada nantinya menurut Nanang, itu bukan wewenang dirinya. Karena, harus melalui berbagai proses.

“Misalnya harus melalui proses survey, dilihat dari integritas, elektabilitas, kredibilitas dan akuntabel serta hal-hal lainnya,” sebut anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini .

Di tempat yang sama, Sakariyas selaku ketua DPC PDIP Kabupaten Katingan, usai menerima dokumen permohonan pendaftaran dari Waket I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah pada pagi itu menyambut baik atas kedatangan dan keinginannya mendaftar di yang dipimpinnya itu.

Karena menurut Sakariyas, dari parpol manapun juga yang ingin mendaftar tetap diterima dengan senang hati. Bahkan, dari yang non parpol pun tetap diterima.

“Meskipun semua dokumen permohonan sudah kami terima, dan kami serahkan kepada DPD PDIP Provinsi Kalteng nantinya, namun yang akan melakukan survey nantinya tetap dari DPD PDIP dan dari DPP PDIP,” ujar mantan Bupati periode 2018-2023 ini, seraya mengaku bahwa dirinya pun ikut mengajukan permohonan dalam Bacabup tahun 2024 ini. (abu)