Staf Ahli Bupati Katingan Buka Pelatihan DEA, TA dan GTA Tahun 2024

Staf Ahli Bupati Katingan, Ganti Yapman saat membuka pelatihan DEA, TA dan GTA di aula kantor Beppedalitbang Kabupaten Katingan, Senin pagi (3/6/2024)

, – Staf Ahli Bupati Katingan, Ganti Yapman buka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (IDEA), Thematic Academy (TA) dan Government Transformation Academy (GTA) tahun 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , melalui Dinas , dan Perdagangan yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Katingan, Senin pagi (3/6/2024), di aula kantor Bappedalitbang Kabupaten Katingan.

Pesertanya berjumlah sekitar 100 orang warga Kabupaten Katingan, terdiri dari pelaku usaha perorangan, dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain kepala Diskominfostandi setempat Wim Ngantung dan kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Henny, juga sejumlah kepala Organisasi (OPD) lingkup dan sejumlah pendamping UMKM serta sejumlah narasumber dari BPSDM Kominfo wilayah Kalimantan di Banjarmasin selaku pengajar.

Pj Bupati Katingan Saiful dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Staf Ahli Bupati Katingan, Ganti Yapman mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, pelaku UMKM, pada perangkat daerah serta para guru dan tenaga pengajar di Kabupaten Katingan pada bidang komunikasi dan informatika dalam upaya percepatan transformasi digital di tingkat Pemerintah Daerah (Pemda) serta mewujudkan pilar masyarakat cerdas dalam rangka menuju Smart City di Kabupaten Katingan.

Sekadar diketahui, lanjutnya, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan antara BPSDM Kementrian Kominfo RI dan Pemkab Katingan tentang peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika di Kabupaten Katingan yang ditandatangani pada 11 Agustus 2022 yang lalu.

“Sementara, untuk tahun 2024 ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas SDM bidang Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Katingan,” kata Ganti Yapman.

Akhir dari sambutannya, dirinya meminta kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dan selalu aktif dari awal hingga berakhirnya pelatihan ini. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

“Karena, pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya.

Di tempat yang sama kepala Diskominfostandi, Wim Ngantung dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini digelar selama 12 hari, yakni sejak tanggal 3 Juni 2024 hingga tanggal 14 Juni 2024.

“Sedangkan tempatnya, terdiri dari beberapa tempat, selain di aula Bappedalitbang ini,” kata Wim Ngantung. (abu)