Pimpinan Bank Kalteng Serahkan Dua Ekor Sapi Kepada Pemkab Katingan

BALANGANEWS, cabang Kasongan, Hendra Loren serahkan dua ekor sapi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , yang diterima langsung oleh Sekda Katingan Pransang, Jum'at sore (14/6/2024), di halaman kantor Bupati Katingan.

Menurut Hendra, selain diserahkan kepada , dirinya juga menyerahkan lima ekor sapi lainnya kepada lima buah tempat ibadah umat muslim yang ada di Kabupaten Katingan ini, melalui pengurus tempat ibadahnya masing-masing.

Diantaranya dua ekor diserahkan kepada dua buah tempat ibadah di Kasongan, satu ekor diserahkan kepada salah satu tempat ibadah di Desa Telangkah Kecamatan , satu ekor diserahkan kepada salah satu tempat ibadah di Kecamatan Katingan Tengah dan satu ekor diserahkan kepada salah satu tempat ibadah di Pegatan Kecamatan .

“Tujuannya, dagingnya bisa disalurkan kepada masyarakat Katingan, di hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M ini,” kata Hendra.

Terkait penyerahan sapi ini menurutnya, setiap hari raya Idul Adha selalu memberikan bantuan kepada Pemkab Katingan dan beberapa tempat ibadah umat Muslim, dan dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat Katingan.

“Tahun 2024 ini kita hanya bisa memberikan tujuh ekor saja. Dan mudah-mudahan di tahun depan bisa ditambah lagi,” ujarnya.

Selanjutnya dirinya menyebutkan, dalam bantuan sapi ini setiap tahunnya Bank cabang Kasongan selalu ditingkatkan. Lima ekor pada tahun 2022 menjadi enam ekor pada tahun 2023, dan dari enam ekor pada tahun 2023 menjadi tujuh ekor pada tahun 2024. Dari tujuh ekor pada tahun 2024 ini, dirinya berharap pada tahun 2025 yang akan datang meningkat menjadi delapan ekor.

Untuk meningkatkan menjadi delapan ekor pada tahun 2025 yang akan datang, dirinya berharap dukungan dari seluruh masyarakat Katingan, sehingga Bank Kalteng bisa lebih eksis.

“Seiring dengan itu, Bank Kalteng cabang Kasongan dapat memberikan hewan sapi untuk diqurbankan lebih banyak lagi di tahun 2025 yang akan datang,” harapnya.

Terkait bantuan hewan qurban ini pula dirinya mengakui, tidak semua Masjid atau tempat ibadah yang bisa dibantu. Hal ini mengingat keterbatasan anggaran di Bank Kalteng cabang Kasongan ini.

“Namun demikian, kita akan memberikan bantuan seperti ini kembali pada tahun yang akan datang kepada Masjid- Masjid yang belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan hewan qurban ini,” janjinya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang usai menerima bantuan 2 ekor hewan, jenis sapi tersebut, mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan pada khususnya dan kepada Bank Kalteng pada umumnya, atas bantuannya. Baik yang 2 ekor sapi yang diterima Pemkab Katingan maupun yang diterima oleh beberapa pengurus Masjid di beberapa wilayah Kecamatan lainnya.

Dengan bantuan dibantunya 7 ekor sapi oleh Bank Kalteng cabang Kasongan jelang hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H/2024 ini, menurut Pransang, merupakan salah satu bukti Bank Kalteng begitu pedulinya kepada masyarakat Katingan. “Bahkan, bantuan seperti ini diberikan setiap jelang hari raya Idul Adha, yang setiap tahun pula bantuannya selalu bertambah,” kata Pransang.

Terkait bantuan ini pula menurutnya, seyogyanya lah harus kita syukuri bersama, meskipun tidak semua tempat ibadah dan tidak semua desa serta kecamatan pula yang bisa diberikan bantuan hewan qurban seperti ini.

Bantuan hewan qurban yang diberikan oleh Bank Kalteng cabang Kasongan ini, lanjutnya, selain memang sudah menjadi kewajiban bagi umat Muslim setiap datangnya hari raya Idul Adha untuk berqurban.

“Juga terkait dengan penanganan inflasi, meningkatkan gizi masyarakat dan mengantisipasi kenaikan harga daging sapi di daerah kita,” terangnya.

Selanjutnya, dirinya juga merasa bersyukur. Karena, pembagian hewan qurban di daerah kita selama ini, ternyata bukan dibagikan kepada umat yang beragama Islam saja, tapi ada pula beberapa panitia qurban di setiap hari raya Idul Adha membagi-bagikan daging qurbannya kepada umat non Muslim. (abu)