Berharap Pembangunan Katingan Semakin Maju

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono

, KASONGAN – 20 Juli 2024 yang akan datang merupakan hari jadi (Harjad) Katingan Katingan ke 22 . Dan pada tahun 2024 ini pula merupakan penentu pergantian kepala daerah. Oleh karena itu, Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono berharap pembangunan Kabupaten Katingan semakin maju dari tahun ke tahun.

Harapannya yang disampaikannya kepada siapa pun yang terpilih sebagai kepala daerah Kabupaten Katingan mendatang ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum'at siang (5/7/2024).

Adapun pembangunan yang lebih diutamakan menurut Rudi, adalah pembangunan infrastruktur ruas jalan darat yang sejak tahun 2002 hingga tahun 2024 atau selama 22 tahun Katingan menjadi Kabupaten saat ini belum seluruhnya terkoneksi dengan ibukota Kabupaten Katingan yang kita cintai ini.

“Salah satunya adalah, ruas jalan antara Pakahi Desa Jahanjang menuju Desa Kampung Melayu Kecamatan Mendawai,” kata Rudi.

Pasalnya, lantaran belum terkoneksinya ruas jalan tersebut menurutnya, berdampak terhadap puluhan ribu masyarakat di wilayah Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala yang berada di wilayah selatan itu kesulitan dalam menjual hasil pertanian, dan perikanannya. Sehingga, perekonomian masyarakat di dua wilayah Kecamatan tersebut sampai kini stagnan atau tidak pernah maju-maju bila dibandingkan dengan masyarakat di Kecamatan lainnya.

“Padahal, di dua kecamatan tersebut, di samping merupakan wilayah penghasil gabah dan beras terbesar, juga penghasil laut, sungai dan darat,” sebutnya.

Di samping itu, menurutnya ada pula beberapa ruas jalan di wilayah utara yang masih mengalami kerusakan parah dan sebagian jalan menuju desa dan kecamatan yang belum terkoneksi. Hal ini perlu kita pikirkan bersama. Karena, jika kerusakan jalan tersebut dibiarkan berlama-lama, khawatirnya jalan yang dibangun selama beberapa tahun itu akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

Sekadar diketahui, lanjutnya, di wilayah hulu ini banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang berpotensi besar untuk pemasukan daerah atau Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ditambah lagi dengan semakin bertambahnya Perusahaan Besar Swasta () yang beraktivitas di wilayah tersebut. Untuk itu, jalan di wilayah utara (hulu) tersebut harus dalam kondisi baik.

“Sehingga, hasilnya bukan hanya dinikmati masyarakat setempat saja, tapi ujung-ujungnya dapat meningkatkan pembangunan Kabupaten Katingan yang kita cintai ini,” ujar anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan hingga Bukit Raya ini.

Terkait dengan belum terkoneksinya jalan darat di wilayah Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala, maka masyarakatnya menurutnya berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat.

“Oleh karena itu, saya ingin siapa pun terpilih sebagai kepala daerah di bumi Penyang Hinje Simpei mendatang, dapat mengupayakan infrastruktur ruas jalan terlebih dahulu. Sehingga, ekonomi masyarakat bisa lebih maju, setara dengan Kabupaten lainnya di ini,” harap legislator Partai ini. (abu)