Tingkatkan Mutu Air Bersih PDAM Harus Merubah Air Baku

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, H Hanafi

BALANGANEWS, KASONGAN – Untuk meningkatkan air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum () Kabupaten yang disalurkan ke puluhan ribu pelanggan di harus merubah air baku.

Maksudnya, tidak bisa hanya mengandalkan air yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan saja, tapi harus diubah dengan air baku yang lebih baik.

Karena, menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, H Hanafi, jika masih menggunakan air yang ada di DAS Katingan membutuhkan banyak biaya (cost) setiap bulannya dan membutuhkan waktu yang agak panjang serta membutuhkan tempat penampungan yang besar.

“Pasalnya, air DAS Katingan tersebut tidak bisa langsung disebarkan ke seluruh pelanggan dalam waktu yang cepat,” kata H Hanafi kepada sejumlah awak media, Senin (8/7/2024).

Masalahnya, air yang diambil dari DAS Katingan tersebut sebelum disalurkan ke para pelanggan menurutnya harus melalui berbagai proses dulu selama beberapa hari. Kemudian, baru disalurkan kepada para pelanggan melalui pipanisasi.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui PDAM sebaiknya memasang pipanisasi dari Kasongan ke wilayah Hulu yang memiliki air baku yang betul-betul bersih. Sehingga, prosesnya bisa lebih efektif dan efesien.

“Jarak pemasangan pipanisasi itu hanya sekitar 80 KM saja, sudah mendapatkan air bersih dan bening,” ujar legislator ini.

Untuk pemasangan pipanisasi tersebut dirinya mengakui biayanya besar. Meskipun biayanya besar, namun cukup satu kali saja. Tidak mengeluarkan biaya berulang-ulang dan dianggarkan setiap tahunnya.

Kalau untuk pipanisasi tersebut menurutnya mungkin dibutuhkan ratusan miliar. Dan jika berharap suntikan dari APBD Kabupaten Katingan tentu saja belum bisa terbangun. Sehingga, kita bisa mencoba untuk membuat permohonan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait.

“Seperti yang dilakukan oleh PDAM Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah , Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (abu)