Asisten I Buka Diklat Paskibraka Kabupaten Katingan Tahun 2024

56 anggota paskibraka Kabupaten Katingan tahun 2024 foto bersama Asisten I dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Katingan serta Forkopimda, usai pembukaan diklat paskibraka, Rabu malam (7/8/2024), di gedung serbaguna Salawah - Kasongan

, – Asisten I Setda , George Heplin Edwar Doddy S Sos buka pendidikan dan pelatihan (diklat) pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Katingan tahun 2024, Rabu malam (7/8/2024), di gedung serbaguna Salawah – Kasongan.

Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Asisten I Setda Katingan, George Heplin Edwar Doddy mengatakan, pelaksanaan diklat paskibraka di Kabupaten Katingan merupakan kewajiban Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Katingan dalam upaya memupuk nilai cinta tanah air, semangat kebangsaan dan jiwa patriotisme kepada generasi muda Kabupaten Katingan untuk Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Adapun tujuan Diklat Paskibraka ini menurutnya, di samping bertujuan untuk melatih kesigapan dan keterampilan calon peserta paskibraka dalam hal formasi baris berbaris, melipat bendera dan membentang, serta mampu menaikkan dan menurunkan bendera secara rapi ritmis, juga bertujuan agar para peserta dapat bertambah pengetahuan dan memiliki wawasan kebangsaan yang komprehensif integral. “Artinya setelah mengikuti diklat paskibraka para peserta diharapkan selalu mengutamakan berpikir rasional, konstruktif, dan berpandangan luas,” terangnya.

Selanjutnya, untuk menjadi calon peserta paskibraka ini tentu bukan hal yang mudah, dimana mereka telah mengikuti berbagai persiapan mulai dari seleksi di tingkat kecamatan, penetapan peserta sampai dengan persiapan penyelenggaraan diklat.

Terkait dengan diklat paskibraka ini, dirinya meminta kepada para peserta yang berjumlah sekitar 56 orang ini agar selalu mentaati segala petunjuk para pelatih dengan disiplin yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang seoptimal mungkin seperti yang diharapkan. “Yang tidak kalah pentingnya juga, selama menjalani pelatihan jaga pola makan, , tali persaudaraan dan kekompakkan,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain puluhan anggota paskibraka Kabupaten Katingan tahun 2024, juga kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat Drs Roby M AP, Plt Kasat Pol PP Pimanto, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil () Drs Sukarti, kepala kantor Kemenag Kabupaten Katingan H Ardiansyah, Kapolsek , perwakilan dan sejumlah lainnya. (abu)